Badung (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Bali Tol (JBT) akan melakukan penataan dan penghijauan di sekitar Jalan Tol Bali Mandara yang nantinya akan dilintasi para pemimpin negara G-20 saat kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali pada tahun 2022.

"Penataan di sekitar Jalan Tol Bali Mandara dalam rangka mendukung kesiapan Bali sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT G-20. Insya Allah awal Desember 2021 pengerjaannya sudah dapat dimulai dan akan dilaksanakan bertahap," ujar Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterangan resmi yang diterima di Kabupaten Badung, Bali, Jumat.

Kesiapan infrastruktur Jalan Tol Bali Mandara, pada Kamis (2/12) kemarin telah ditinjau oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretariat Negara Pratikno serta Gubernur Bali Wayan Koster.

Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang menambahkan, PT JBT akan membuat landscape taman di wilayah jalan tol diantaranya di setiap akses masuk tol, median tol dan empat taper tol dengan jenis tanaman yang dapat beradaptasi dengan lingkungan di sekitar Jalan Tol Bali Mandara.

"Tidak hanya dilakukan dalam rangka KTT G-20, secara berkala kami juga melakukan program penghijauan di sekitar jalan tol terutama penanaman mangrove. Hal ini sesuai dengan misi perusahaan, mengoperasikan jalan tol dengan tetap menjaga keasrian lingkungan hidup dan budaya Bali,” ungkapnya.

Menurutnya Ketut Adiputra, penghijauan juga masih belum cukup apabila tidak dibarengi oleh program penataan atau beautifikasi di fasilitas jalan tol.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengecatan ulang atau coating untuk barrier pembatas jalan tol dan railing motor, pembersihan dan beautifikasi seluruh gerbang tol, hingga pembersihan tiang pancang.

Ketut Adiputra menargetkan, pekerjaan penghijauan dan penataan Jalan Tol Bali Mandara yang dilakukan secara bertahap ini dapat selesai pada Agustus 2022, atau sekitar dua bulan sebelum penyelenggaraan KTT G-20.

"PT JBT juga terus melakukan pekerjaan pemeliharaan periodik seperti scrapping, filling, overlay (SFO), expansion joint dan rekonstruksi perkerasan jalan tol sehingga semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," ujarnya.
Baca juga: Pengelola Jalan Tol Bali Mandara siap sambut KTT G20
Baca juga: Jasamarga catat jalan tol di Bali turun 76 persen semester I 2021

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021