Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi hal yang penting dan menjadi perhatian bersama, karena kreativitas dan inovasi menjadi penentu keberhasilan kita semua di era yang serba digital ini
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri dan Orbit Future Academy menyiapkan siswa SMA unggulan berbasis digital melalui program sekolah 4.0 untuk mendukung sektor pendidikan di Indonesia dalam menciptakan generasi muda terampil, andal, serta adaptif, yang sejalan dengan arahan Kementerian BUMN terkait penggunaan anggaran tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan program kolaboratif bersama PT Orbit Ventura Indonesia ini akan mengembangkan Smart Classroom Network dan Platform for Future Skills, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru sekolah dalam memberdayakan generasi muda agar siap bertransformasi dan adaptif terhadap revolusi industri 4.0.

"Agar Indonesia dapat terus berkompetisi, kita harus dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Untuk itu, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi hal yang penting dan menjadi perhatian bersama, karena kreativitas dan inovasi menjadi penentu keberhasilan kita semua di era yang serba digital ini," kata Rohan dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan program Sekolah 4.0 ditujukan untuk sekitar 200 guru dan 1.000 pelajar dari 20 SMA/SMK yang tersebar di seluruh Indonesia dan secara perdana akan dimulai pada 6 Desember 2021 selama enam bulan ke depan untuk membina generasi muda dan guru.

Selain itu, Bank Mandiri turut memberikan pelatihan guna menciptakan pemikiran digital hingga mampu menghasilkan produk atau aplikasi digital untuk menunjang keterampilan siswa-siswi peserta.

"Kami berharap program Sekolah 4.0 ini dapat menciptakan SDM berkualitas, serta melahirkan wirausaha muda untuk meningkatkan kapasitas lapangan kerja di dalam negeri yang mampu bersaing secara global," tutur Rohan.

Co-Founder & President Commissioner Orbit Future Academy Ilham Akbar Habibie menuturkan program Sekolah 4.0 merupakan salah satu inisiatif penting untuk meningkatkan keterampilan digital sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, termasuk di area pelosok yang terpencil sekalipun.

Program inovatif ini akan membawa kesetaraan distribusi ilmu dan penyederhanaan metode pembelajaran digital, sehingga generasi muda kita siap dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan karir di masa mendatang.

"Kami senang dan bangga dapat berkolaborasi bersama rekan-rekan pegiat CSR yang percaya pada pentingnya pembangunan SDM untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi,” terang Ilham.

Co-Founder & President Director Orbit Future Academy Sachin Gopalan turut menyampaikan pihaknya telah bermitra dengan banyak perusahaan teknologi terbaik kelas dunia untuk menyesuaikan dan menyelaraskan program tersebut dengan kebutuhan guru dan siswa Indonesia, salah satunya Intel yang membantu menyediakan kursus Artificial Intelligence.

Kemudian, Microsoft membantu menyediakan sertifikasi guru dan Amazon Web Services (AWS) menyediakan program untuk mengajarkan bagaimana kaum muda dapat menjadi bagian dari dunia teknologi digital yang akan datang.

"Banyak mitra strategis lainnya yang bekerjasama dengan Orbit Future Academy untuk menyediakan program kelas dunia yang akan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia dan membantu kita melompat beberapa tahun ke depan," ungkap Sachin.

Baca juga: Mandiri Group luncurkan panduan startup masuk bursa saham
Baca juga: Bank Mandiri salurkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru

Baca juga: Bank Mandiri-KAI kerja sama layanan dan penguatan kapasitas SDM

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021