Jakarta (ANTARA) - Kota Jakarta terpilih untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi tantangan inovasi perkotaan (Urban Innovation Challenge) yang diluncurkan oleh Utopia dan World Economic Forum’s new Centre for Urban Transformation.

Jakarta dipandang telah menunjukkan dukungan untuk pertumbuhan kewirausahaan dan usaha rintisan (start up).

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, dalam "Urban Innovation Challenge" ini, Pemprov DKI Jakarta akan membangun "Prototype Zone" yang dapat menjadi salah satu solusi masalah perkotaan.

"Kami percaya bahwa 'Urban Innovation Challenge' akan memelihara ekosistem inovasi perkotaan yang membentuk Jakarta sebagai kota yang layak huni," kata Anies dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Selain Jakarta, kota besar lainnya Bogota, Buenos Aires, Dhaka, Lagos, Kigali, Nairobi dan Rio de Janeiro yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Kota-kota tersebut merupakan kota berkembang di Asia, Afrika dan Amerika Latin yang memiliki pertumbuhan tercepat di dunia yang memiliki tantangan dan peluang dari ledakan jumlah penduduknya.

Kompetisi yang baru dibuka ini bertujuan untuk mengaktivasi ekosistem 800 pengusaha perkotaan yang inovatif, investor dan pemimpin di 8 kota besar dunia dalam rangka membentuk era masa depan perkotaan yang baru.

Baca juga: Anies: STA 2021 pengakuan atas inovasi transportasi ibu kota
Baca juga: Jakarta kota terbaik di dunia dalam perbaikan transportasi


Para pemenang akan mendapatkan dukungan berupa peningkatan visibilitas, koneksi/akses dengan investor, sumber daya startup senilai lebih dari 25 ribu dolar AS serta kesempatan untuk bergabung dengan Pelopor Teknologi Forum Ekonomi Dunia (Technology Pioneers of the World Economic Forum).

Bekerjasama dengan IDEO, Urban Us dan URBAN-X, kompetisi ini akan disertai dengan program tiga bulan acara publik reguler untuk membangun kecerdasan kolektif dan menyatukan komunitas imajinatif untuk menjelajahi masa depan perkotaan.

Pemenang akan diumumkan pada bulan Februari 2022 di Davos, Swiss, saat gelaran World Economic Forum (WEF) tengah berlangsung.

Adapun Utopia merupakan komunitas inovasi perkotaan pertama di dunia yang fokus pada kota-kota berkembang.

Tim Utopia yang berkantor pusat di San Fransisco, Amerika Serikat, terdiri dari pengusaha, desainer, teknokrat, peneliti perilaku, dan para ahli di bidang perkotaan.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021