Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mensosialisasikan jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023 di Kabupaten Aceh Timur.
 

“UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan menerima lima jalur seleksi untuk mahasiswa Program Sarjana tahun 2022,” kata Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, H Ibnu Sa'dan di Aceh Timur, Sabtu.
 

Ia menjelaskan lima jalur penerimaan tersebut yakni SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Kemenag tunjuk UIN Ar-Raniry tuan rumah OASE PTKI ke-1

Baca juga: UIN Ar-Raniry Aceh gelar konferensi internasional tentang Islam

 

Sedangkan di bawah Kementerian Agama, melalui seleksi SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan terakhir melalui jalur mandiri PMB Lokal.
 

Ia mengatakan untuk jalur masuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2022, khusus jalur prestasi akademik ada SNMPTN dan SPAN PTKIN sedangkan melalui jalur UTBK ada SBMPTN dan UMBPTKIN serta terakhir jalur PMB Lokal.
 

Ia menyebutkan UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki 43 Prodi Program Sarjana, tujuh Prodi Program Magister dan dua Program Doktor.
 

Ia mengatakan untuk jalur seleksi di bawah naungan Kemendikbud ada 15 Prodi yang ditawarkan sedangkan di bawah Kementerian Agama ada 28 Prodi serta di jalur terakhir PMB Lokal ada 43 Prodi," jelasnya.
 

Untuk jadwal pelaksanaan, kata Ibnu jalur SNMPTN dimulai bulan Januari sampai April, SBMPTN mulai Februari hingga Juni, SPAN-PTKIN mulai Januari sampai Juni, UMB-PTKIN mulai April sampai Juli, dan terakhir jalur mandiri PMB Lokal mulai bulan Mei sampai Agustus.
 

Baca juga: UIN Ar Raniry Banda Aceh raih juara umum OASE PTKI tahun 2021

Baca juga: UIN Ar-Raniry luluskan 1.882 wisudawan tahun 2021


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021