Jakarta (ANTARA) - Mandiri Tunas Finance (MTF), perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor anak usaha Bank Mandiri, meraih penghargaan Indonesia Most Trusted Companies Award melanjutkan prestasi serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

MTF mendapatkan penghargaan Indonesia Most Trusted Companies Award Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2020 untuk kategori “Terpercaya”.

"Apresiasi ini sangat memotivasi kami dalam menjalankan GCG (Good Corporate Governance) di perusahaan. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak atas pencapaian ini," kata Direktur Utama MTF, Pinohadi G Sumardi, kepada ANTARA, Minggu.

Baca juga: MTF Fair 2021 targetkan transaksi Rp30 miliar selama sebulan

Acara puncak penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan, penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan berdasarkan hasil pemeringkatan CGPI 2020.

Corporate Governance Perception Index (CGPI) merupakan program riset dan pemeringkatan praktik GCG perusahaan di Indonesia yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2001.

CGPI diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerjasama dengan majalah SWA dan kepesertaannya meliputi perusahaan dari emiten, BUMN, BUMD, Lembaga Keuangan Bank dan non Bank serta Lembaga Keuangan Syariah.

CGPI 2020 diikuti oleh total 32 perusahaan sebagai peserta yang sudah mengikuti dua tahapan penilaian yaitu tahapan analisis dan observasi.

Tahapan analisis dilakukan dengan metode pengisian kuisioner (self assessment) dan penilaian dokumen perusahaan, sedangkan tahapan observasi dengan metode paparan eksekutif dan diskusi aktif antara tim penilai dengan organ perusahaan.

Aspek penilaian pada CGPI 2020 mencakup struktur tata kelola (governance structure), proses tata kelola (governance process) dan hasil tata kelola (governance outcome) yang dijabarkan dalam beberapa indikator menggunakan perspektif pemangku kepentingan (stakeholder).

Hasil pemeringkatan CGPI 2020 berupa skor dan indeks yang dikelompokkan ke dalam tiga kategori tingkat kepercayaan yaitu Sangat Terpercaya, Terpercaya, dan Cukup Terpercaya.

Baca juga: Multifinance tanggapi putusan soal sita barang kredit tanpa proses PN

Baca juga: MTF gandeng OJK bekali "frontliner" pengetahuan layanan

Baca juga: Mandiri Tunas Finance bagikan vitamin di Hari Pelanggan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021