Mentok, Babel (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan tidak ada tambahan atau nihil kasus baru warga yang terkonfirmasi positif virus tersebut.

"Hari ini tidak ada tambahan kasus baru, jumlah warga yang masih menjalani masa karantina atau isolasi masih tetap tiga orang, masing masing satu orang dari kecamatan Mentok, Jebus dan Parittiga," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok Senin.

Sedangkan kecamatan yang sudah tidak ada lagi kasus warga terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak tiga kecamatan, yaitu Simpangteritip, Kelapa dan Tempilang.

Selama pandemi berlangsung, Satgas mencatat jumlah kasus keseluruhan yang terjadi di daerah itu sebanyak 5.636 kasus, sebanyak 141 di antaranya meninggal dunia, jumlah pasien sembuh mencapai 5.492 atau sekitar 97,5 persen dan pasien isolasi tiga orang.

Baca juga: Bangka Barat bangun rumah oksigen antisipasi gelombang tiga COVID-19

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Bangka Barat mencapai 65,93 persen


"Kami berharap masyarakat tetap waspada, patuh pada protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas selama masa libur akhir tahun guna meminimalkan risiko tertular virus tersebut," katanya.

Selain itu, Putra Kusuma juga mengingatkan warga yang belum menerima suntikan vaksinasi COVID-19 untuk segera datang ke gerai-gerai serbuan vaksinasi yang ada di unit pelayanan kesehatan di seluruh kecamatan, guna mendapatkan suntikan vaksin.

Vaksinasi diyakini menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan pada masa pandemi seperti sekarang ini, karena dengan vaksinasi akan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Dengan mendapatkan suntikan vaksin diharapkan pada saat tertular virus tidak menimbulkan gejala berat sehingga tidak membahayakan keselamatan, untuk itu kami mengajak warga yang belum vaksin untuk segera vaksin," katanya.*

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Bangka Barat bertambah jadi 5.303 orang

Baca juga: Realisasi vaksinasi COVID-19 di Bangka Barat mencapai 51,3 persen

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021