Jakarta (ANTARA) - Platform teknologi pendidikan (edutech) Cakap meraih pendanaan sebesar 10 juta dolar AS dalam putaran seri B.

Dikutip dari keterangannya pada Rabu, suntikan dana ini akan digunakan untuk menambah jumlah program pembelajaran kelas Cakap, serta meningkatkan jumlah pengguna demi mewujudkan akses pendidikan berkualitas yang lebih luas di Indonesia
 
"Kami bangga dan bersemangat untuk menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia, di mana kami mengombinasikan konten pembelajaran berkualitas tinggi, teknologi canggih, dan guru profesional di ekosistem kami untuk memberikan pengalaman belajar terbaik kepada siswa kami," kata Co-Founder & CEO Cakap Tomy Yunus.

Baca juga: Cakap Teacher Academy berdayakan guru di Indonesia
 
Adapun putaran seri B tersebut dipimpin oleh Centauri Fund MDI Ventures dan Heritas Capital, dengan partisipasi dari KB Investment dan investor lainnya.
 
Cakap telah meraih keuntungan selama 2 tahun terakhir dan berhasil mendapatkan kredibilitas yang kuat pada pertumbuhan bisnis dengan mengakuisisi 1,5 juta siswa, pertumbuhan 500 persen year-on-year pada pengguna aktif, dan lebih dari 1 juta unduhan aplikasi.
 
Cakap dikenal dalam kelas pembelajaran bahasa online untuk segmen dewasa dan anak-anak di Indonesia.
​​
Cakap juga memberikan penawaran kelas vokasi dan kursus sertifikasi melalui self-paced learning yang menggabungkan sequential multimedia learning, assessments, dan LIVE Class and discussions, memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menyelesaikan sertifikasi bagi keterampilan khusus
 
Pertumbuhan bisnis ini juga akan menjadi momentum bagi Cakap yang telah memberdayakan lebih dari 1.000 guru dari berbagai negara.
 
Pendanaan baru ini dapat mendorong Cakap untuk meningkatkan teknologi pembelajaran dengan mengeksplorasi implementasi pada machine learning dan kecerdasan buatan (AI) yang memberikan pembelajaran lebih personal untuk setiap siswa melalui pembelajaran adaptif.

Baca juga: Quipper gelar Tryout UTBK, unggulkan tiga fitur utama 

Baca juga: Zenius hadirkan ZenPro, sistem pembelajaran bagi profesional 

Baca juga: British School juarai lomba ide bisnis edutech

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021