... Foto itu bercerita sekali dan kalau bisa nanti diberitakan kalau foto ini menjadi semangat kita...
Badung, Bali (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengapresiasi kegiatan pameran foto jurnalistik Kantor Berita ANTARA, bertajuk Rwa Bhineda yang menjadi bagian dari subsektor ekonomi kreatif.

"Ini menjadi salah satu subsektor dari ekonomi kreatif yang memang juga menjadi pembinaan yaitu subsektor fotografi. Ini tentu berkesinambungan dengan pariwisata. Dan yang di foto juga objek-objek pariwisata dan sekarang juga instalasi seperti ini juga bisa menjadi objek tujuan pariwisata," kata dia, usai mengunjungi pameran foto jurnalistik Rwa Bhineda di Seminyak Village, Badung, Bali, Jumat.

Baca juga: Pameran "Rwa Bhineda" tampilkan kilas balik peristiwa di Bali Nusra

Ia mengatakan, fotografi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu juga mampu membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan.

"Saya yakin kita akan bangkit dan Indonesia juga dinilai berhasil menangani pandemi Covid-19, dan foto-foto ini semua bercerita dan benar bahwa satu gambar bercerita seribu kata. Inilah yg hari ini kita apresiasi dan perayaan ini bagian dari membuka peluang usaha, membuka lapangan pekerjaan terutama sisi fotografi dan menjadi bagian tak terpisahkan dari Kemenparekraf," katanya.

Baca juga: LKBN Antara tampikan 76 karya foto di Ambon
 
Di sela-sela kunjungannya melihat fotografi Kantor Berita ANTARA, dia juga memfavoritkan salah satu karya pewarta foto, yaitu foto Presiden Joko Widodo saat mencoba mengendarai motor test sirkuit mandalika, NTB.
 
Ia bilang, dalam foto itu, dalam raut wajah Jokowi yang menceritakan dua sisi, yaitu ada sisi harapan, tapi juga ada sisi kehati-hatian.
 
"Foto itu bercerita sekali dan kalau bisa nanti diberitakan kalau foto ini menjadi semangat kita. Indonesia akan bangkit dalam bingkai kewaspadaan dan kehati-hatian dalam menghadapi Covid-19," ucap dia.

Baca juga: 120 foto PON koleksi ANTARA tersaji di Monumen Pers Solo
 
Selain itu, dia juga menjelaskan melalui foto jurnalistik Kantor Berita ANTARA bertajuk Rwa Bhineda ini juga memperlihatkan bagaimana Covid-19 berdampak luar biasa di setiap lini kehidupan fotografi.
 
"Menariknya, dicetak di media metal jadi menunjukkan bahwa sifat luhur manusia Indonesia yang kuat dan mampu menghadapi Covid-19, dimulai dari matahari terbit dan diakhiri Sirkuit Mandalika Presiden Jokowi. Dan itu membangkitkan semangat juga optimisme kita," katanya.

Baca juga: Moeldoko buka pameran foto ANTARA "Bangkit Indonesia Maju"
 
Sebelumnya, kurator pameran Rwa Bhineda, Ismar Patrizki, mengatakan, pameran ini menjadi salah satu medium distribusi informasi dan pemberitaan, sekaligus sebuah retrospeksi mengenai hal-hal yang terjadi khususnya di sepanjang 2021.
 
Pameran foto jurnalistik bertajuk Rwa Bhineda ini menampilkan sejumlah foto sebagai kilas balik peristiwa yang terjadi di kawasan Bali-NTB-NTT selama periode 2020-2021.

Baca juga: ANTARA pamerkan foto tahun 1900-1942 refleksikan Indonesia Bergerak
 
Sebanyak 55 foto yang dipamerkan di pusat perbelanjaan Seminyak Village, Badung, pada 13 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 merupakan hasil karya enam orang pewarta foto Kantor Berita ANTARA, yaitu Ahmad Subaidi (NTB), Naufal Fikri Yusuf (Bali), Kornelis Kaha (NTT), I Nyoman Budhiana (Bali), dan I Nyoman Hendra Wibowo (Bali).
 
"Pameran ini merupakan salah satu bentuk apresiasi atas kiprah para pewarta foto ANTARA di wilayah Sunda Kecil (Bali, NTB, dan NTT) dan dalam rangka memeriahkan HUT ke-84 Perum LKBN ANTARA," kata dia.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021