Sasaran vaksinasi yakni anak-anak usia 12 tahun ke bawah, dan orang dewasa.
Pesawaran (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pesawaran bekerja sama dengan Biddokkes Polda Lampung dan Dinas Kesehatan kabupaten setempat melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap satu dan tahap dua di Pulau Pahawang dan Legundi.

"Sasaran vaksinasi yakni anak-anak usia 12 tahun ke bawah, dan orang dewasa," kata Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, di Pesawaran, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan ini guna mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Pesawaran, Lampung secara masif guna mencapai target 70 persen hingga akhir Desember 2021.

"Salah satu yang kami laksanakan hari ini adalah dengan menggelar vaksinasi di dua tempat berbeda, yaitu Pulau Pahawang dan Pulau Legundi yang merupakan salah satu pulau terluar di Provinsi Lampung," katanya pula.

Aris mengatakan lebih lanjut, vaksin yang digunakan jenis Sinovac yang terbagi di dua tempat berbeda, yaitu di Pulau Legundi sebanyak 126 dosis, yaitu 76 dosis tahap I untuk anak-anak di bawah 12 tahun ke bawah, 46 dosis tahap I untuk usia dewasa, dan 4 dosis tahap 2 untuk usia dewasa.

Untuk Pulau Pahawang, vaksin yang digunakan yaitu jenis Sinovac sebanyak 84 dosis, yang terdiri atas 30 dosis tahap I untuk anak-anak di bawah 12 tahun, 32 dosis tahap I untuk usia dewasa, dan 22 dosis tahap 2 untuk usia dewasa, katanya lagi.

Sebelumnya, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subiyanto melaksanakan asistensi capaian vaksinasi COVID-19 di aula Polres Pesawaran.

Dalam asistensi tersebut, Subiyanto ingin memastikan kendala terkait dengan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Pesawaran, karena dilihat dari capaian dibanding dengan kabupaten/kota yang lain Pesawaran yang paling rendah.

"Saya ingin mendapat masukan dan laporan kendalanya apa dan dapat disampaikan kepada kami, sehingga ada diskusi dan jalan keluar. Kita ditarget oleh Presiden akhir Desember harus 70 persen untuk dosis satu," kata Subiyanto.

Ia mengatakan Kabupaten Pesawaran hanya punya waktu tiga hari lagi untuk mencapai 70 persen dosis satu dan saat ini tidak semudah waktu itu, permasalahan dalam pencapaian target seperti wilayah pegunungan dan pulau-pulau yang menjadi tantangannya.
Baca juga: Lampung lakukan percepatan vaksinasi di pulau terluar
Baca juga: Lampung persiapkan skema khusus vaksinasi masyarakat pulau terluar

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021