Tangerang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengingatkan manajemen pusat perbelanjaan untuk tidak menggelar acara perayaan tahun baru.

“Saat ini, memang momennya anak-anak mulai menikmati kegembiraan setelah sekian lama tidak bisa jalan-jalan. Jadi nikmati tahun baru dengan bijaksana, dengan berkunjung ke mal, sekadar belanja, makan-makan dan bermain di pusat permainan anak. Itu saja,” kata Menko PMK Muhadjir saat melakukan sidak penerapan protokol kesehatan (Prokes), di Pusat Perbelanjaan Tangcity Mall, Kota Tangerang, Jumat (31/12/21).

Terkait penerapan protokol kesehatan di Kota Tangerang, Menko PMK menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang dilakukan pemkot, kepolisian dan TNI untuk melakukan pengawasan.

Baca juga: Menko PMK: Pembangunan SDM Indonesia terganggu anomali akibat COVID-19

Dari hasil pengamatannya, pergerakan orang di Kota Tangerang yang dinilai masih wajar dengan segala pengawasan dan pengetatannya. Mulai dari fasilitas pendukung prokes dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

“Saya lihat, tadi sepanjang jalan di Kota Tangerang, dan di dalam pusat perbelanjaan, saya lihat sudah 98 persen warga Kota Tangerang, tak terkecuali mereka anak-anak sudah patuh pada penggunaan masker. Karena itu yang menjadi utama dalam penjagaan diri terhadap penularan COVID-19 yang saat ini masih ada di antara kita,” katanya.

Apresiasi juga diberikan Menko PMK atas capaian vaksinasi anak yang telah dilaksanakan Pemkot Tangerang dengan angka saat ini 80,744 anak atau 43,4 persen dari target 185.989 anak.

“Saya melihat anak-anak senang sekali ke Mal, sambil didampingi para orang tuanya. Saya lihat ini sangat luar biasa, apalagi banyak dari mereka yang mengaku ini baru kali pertama mereka ke Mal usai dua tahun pandemi. Jadi silakan, terpenting prokesnya dipatuhi, dan pengawasannya diperketat,” katanya.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi anak, Menko PMK pun membagi-bagikan masker ke anak-anak. “Tadi saya terima laporan dari Kadinkesnya, capaian vaksinasi anak di Kota Tangerang ternyata sudah sangat baik. Ini terus digelar hingga di pusat perbelanjaan, saya apresiasi, sangat baik, dan pasti menyenangkan bagi mereka para keluarga terutama anak-anak,” kata dia.

Wakil Wali Kota Sachrudin yang ikut mendampingi Menko PMK mengatakan optimalisasi vaksinasi kepada anak akan terus dilakukan apalagi pekan depan sudah dilaksanakan PTM.

Hal senada juga disampaikan Kadinkes Kota Tangerang dr Dini jika sentra vaksinasi yang digelar Pemkot Tangerang memberikan dampak signifikan karena semakin mudah dijangkau warga.

Baca juga: Laju COVID-19 terkendali jadi alasan Pemerintah perlonggar masa libur

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021