Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada pekan pertama 2022 mengawali kunjungan kerjanya ke Kodam I/Bukit Barisan, Medan, Sumatera Utara, Senin (3/1).

Dalam kunjungan perdananya pada tahun ini, Kasad memberi arahan secara langsung kepada para prajurit TNI AD di Kodam I/Bukit Barisan.

Ia mengingatkan seluruh prajurit harus mengutamakan keselamatan jiwa pada tiap pelaksanaan tugas sehingga jangan sampai ada tradisi-tradisi satuan yang mengakibatkan adanya korban jiwa.

"Ini tidak boleh terjadi sehingga pengawasan secara melekat dan kepedulian yang tinggi dari unsur 'danru' (komandan regu, red.) sampai perwira perlu ditingkatkan,” kata Jenderal Dudung ke para prajurit sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD yang diterima di Jakarta.

"Apabila ada oknum TNI AD yang terlibat harus diproses sesuai ketentuan dan peraturan hukum yang berlaku," ucap dia menegaskan.

Baca juga: Kasad: Tiga oknum anggota TNI terlibat tabrakan Nagreg layak dipecat

Baca juga: Kasad ingatkan prajurit Kopassus tingkatkan kemampuan tempur


Dalam sesi pengarahan yang sama, Dudung meminta para komandan satuan memerhatikan kesejahteraan prajurit, mengayomi mereka, dan menjadi pemimpin yang mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Ia juga mendorong seluruh prajurit TNI AD untuk menggelar kegiatan-kegiatan yang positif untuk membantu masyarakat menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

Kedatangan Kasad di Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Senin, disambut oleh pejabat utama Kodam I/Bukit Barisan, Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, dan beberapa tokoh lintas agama. Kasad mengunjungi Medan bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman dan sejumlah pejabat utama Markas Besar TNI AD.

Di Markas Kodam I/Bukit Barisan, Kasad tidak hanya memberi arahan kepada prajurit, tetapi juga menanam pohon dan menyerahkan bantuan satu unit mobil ke Kodam, dan bantuan sosial untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Mustaghfirin Al Amir.

Kemudian, Kasad melanjutkan kunjungan kerjanya ke Markas Yonarmed 2/105 Tarik/KS.

Di Aula Jarot Soepadmo Makoyonarmed 2/105, Kasad mengingatkan prajurit untuk menghindari perbuatan yang melawan hukum dan bertentangan dengan norma-norma keprajuritan.

"Tingkatkan terus kekompakan, jiwa korsa, dan loyalitas di manapun kalian berada. Ini sangat diperlukan karena suatu ketika dalam pelaksanaan tugas dibutuhkan jiwa korsa yang kuat," tegas Dudung ke prajurit Yonarmed 2/105.

Kasad beserta rombongan dijadwalkan melanjutkan kunjungan kerjanya ke wilayah kerja Yonif Raider Khusus 136/TS di Batam, Kepulauan Riau, dan Yon Komposit-1/Gardapati di Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/1).

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022