Jakarta (ANTARA) - Platform streaming gim GOX pada Senin mengumumkan kemitraannya dengan Tencent Cloud sebagai komitmen pembangunan ekosistem esport dan pengiriman konten lokal yang semakin berkembang.

Keduanya telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi selama 4 tahun. Kolaborasi ini bertujuan untuk mempercepat industri gim dan live streaming lokal dengan memberikan manfaat bagi jutaan penonton serta streamer di Indonesia dan Asia.

“Melalui kolaborasi kami dengan Tencent Cloud, kami yakin dapat mempercepat pertumbuhan GOX sembari memastikan stabilitas kualitas layanan streaming terbaik,” kata pendiri GOX Jack Lontoh melalui keterangan resmi pada Senin.

Baca juga: Tencent Games & KRAFTON menangkan gugatan kecurangan di PUBG Mobile

Dalam kolaborasi tersebut, GOX akan memanfaatkan layanan streaming dan jaringan pengiriman konten Tencent Cloud untuk menawarkan konten gim dengan latensi yang rendah dan stabil kepada penonton di Indonesia dan Asia.

Jack mengatakan pengguna aktif GOX telah berkembang lebih dari 16 kali sejak pandemi COVID-19 melanda pada awal 2020. Kondisi tersebut, lanjut Jack, diuntungkan dari adanya pembatasan sosial karena semakin banyak orang mulai berkegiatan secara daring.

Penelitian Asosiasi Gaming Indonesia menunjukkan bahwa sektor gim lokal telah tumbuh sebesar 37 persen per tahun. Sementara itu, The Business Research Company memperkirakan esport akan memiliki nilai pasar global mencapai 2,89 miliar dolar AS pada 2025 dengan CAGR sebesar 23 persen.

Baca juga: Tencent Cloud dan AMD perkenalkan server StarLake di Asia Tenggara

“GOX juga telah memposisikan diri untuk memanfaatkan gelombang awal orang-orang yang beralih ke streaming sebagai pekerjaan utama mereka. Saat pandemi berlanjut dan industri game semakin berkembang, GOX hanya akan fokus menjadikan streaming sebagai profesi yang memadai,” ujarnya.

Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung mengatakan pihaknya terus menekankan komitmen untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan yang berkembang di seluruh dunia.

“Melalui kolaborasi kami dengan GOX, kami berharap dapat memberdayakan bisnis hiburan lokal, khususnya di bidang esport dan streaming gim secara langsung, melalui teknologi kami yang berkualitas tinggi, berkinerja tinggi, stabil, dan aman,” katanya.

Selanjutnya, GOX berencana akan terus membuka kolaborasi yang lebih jauh dengan Tencent Cloud untuk menghadirkan fitur platform yang lebih interaktif dan kolaborasi sumber daya sehingga dapat memberikan manfaat bagi pemirsa dan para streamer.

Baca juga: Game MMO Chimeraland resmi dirilis

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022