Kami imbau agar pemangku kepentingan terkait kebencanaan di Papua menambah daya sigap dalam antisipasi maupun evakuasi
Jayapura (ANTARA) -
Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengimbau para pemangku kepentingan terkait kebencanaan di daerah itu untuk memperkuat mitigasi bencana.

"Kami imbau agar pemangku kepentingan terkait kebencanaan di Papua menambah daya sigap dalam antisipasi maupun evakuasi," katanya memalui taklimat media yang diterima di Jayapura, Selasa.
 
Oihaknya berharap agar masyarakat di Papua senantiasa waspada dengan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi pada wilayahnya.
 
"BMKG telah menyampaikan sejumlah alasan penyebab banjir tempo hari, sehingga 'stakeholders' harus memperkuat mitigasi bencana," katanya.
 
Ia menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua juga telah menyerahkan sejumlah bantuan berupa selimut, perlengkapan sekolah, paket bahan pokok, minyak kayu putih, hand sanitizier, masker dan beberapa barang keperluan lainnya bagi korban bencana banjir di Jayapura.
 
"Semoga bantuan yang diberikan Pemprov Papua untuk warga di Jayapura terdampak banjir dapat tersalurkan secara merata dan tepat sasaran," kata Lukas Enembe.
 
Gubernur menambahkan bantuan yang telah diberikan diharapkan dapat meringankan beban korban banjir dan longsor.
 
Sebelumnya, banjir yang terjadi pada empat dari lima distrik di Kota Jayapura menyebabkan 7.005 warga terdampak, sedangkan tanah longsor menyebabkan 12 warga Distrik Jayapura Utara tertimbun longsor di mana tujuh orang di antaranya meninggal.

Baca juga: BMKG paparkan faktor dinamika atmosfer sebabkan banjir di Jayapura

Baca juga: BNPB petakan 295 patahan di Sumatera hingga Papua

Baca juga: BPBD Papua: Sejumlah daerah alami bencana alam

Baca juga: Pemkot Jayapura terus edukasi masyarakat pentingnya waspada bencana



 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022