sengaja membuka sentra vaksin massal di dalam mall agar mudah diakses oleh masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menargetkan 250 warga mendapat vaksin penguat (booster) di sentra vaksin yang diselenggarakan di Mal Slipi Jaya, Pal Merah, Jakarta Barat, Rabu.

"Sudah kita buka sentra vaksin di Mal Slipi Jaya target 250 orang per hari ini." kata Kepala Puskemas Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Darus Sahmedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pihaknya sengaja membuka sentra vaksin massal di dalam mall agar mudah diakses oleh masyarakat. Mereka yang datang bisa langsung mendaftar di tempat.

"Tidak hanya mendaftar secara langsung, warga juga bisa melalui mendaftar online syaratnya jarak enam bulan dari vaksin kedua, sudah mempunyai tiket dosis tiga dan membawa tanda KTP," jelas dia.

Untuk jenis vaksin sendiri, Darus mengatakan pihaknya menyediakan tiga jenis vaksin yakni Pfizer, Moderna dan Astrazeneca. Tiga jenis vaksin itu diprioritaskan untuk para peserta dengan kategori lanjut usia.

Nantinya, Darus akan memperbanyak sentra vaksinasi di Palmerah agar capaian vaksin booster bisa lebih maksimal.

Sebelumnya, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat menargetkan 200 warga sudah menerima vaksin dosis ketiga booster  setiap kecamatan pada Rabu ini.

"'Booster sudah dimulai hari ini di seluruh kecamatan. Target 200 warga per kecamatan untuk hari ini," kata Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Yudi Dimyati.

Yudi mengatakan kegiatan vaksinasi Rabu ini, nantinya akan dievaluasi oleh Sudin Kesehatan. Hasil evaluasi itu akan dijadikan acuan agar kegiatan vaksinasi selanjutnya bisa berjalan dengan baik.

Yudi memastikan ketersediaan vaksin di setiap kecamatan cukup sehingga warga terkhusus lansia tidak perlu takut kehabisan dosis.

Jika dosis vaksin per kecamatan habis, maka pihaknya akan kembali meminta Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk mengirimkan dosis vaksin tambahan.
Baca juga: Vaksinasi "booster" bagi usia 18 tahun ke atas di DKI capai 8 juta
Baca juga: Jaksel fokuskan sentra vaksin "booster" di Puskesmas kecamatan
Baca juga: Jakbar sediakan 40.000 dosis vaksin booster untuk warga Kembangan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022