Vaksinasi 'booster' untuk guru dan tenaga pendidik ini kami targetkan mencapai 6 ribu dosis
Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Ratusan guru dan tenaga pendidik di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengikuti program vaksinasi penguat atau booster, sebagai prasayarat diselenggarakannya pembelajaran tatap muka penuh atau 100 persen di sekolah-sekolah setempat.

"Vaksinasi booster untuk guru dan tenaga pendidik ini kami targetkan mencapai 6 ribu dosis," kata Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin di Trenggalek, Kamis.

Diharapkan, pemberian vaksinasi penguat ini semakin memperkecil risiko tertular COVID-19.

Baca juga: Pemkab Trenggalek wajibkan ASN tanam pohon

Vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun sendiri saat ini masih berlangsung, namun secara keseluruhan sudah mendekati rampung.

Vaksinasi di lingkup pendidikan itu, lanjut dia, dilakukan untuk menunjang pembelajaran tatap muka yang direncanakan bakal dilaksanakan dalam waktu dekat.

Selain guru dan tenaga pendidikan, vaksinasi penguat juga diprioritaskan kepada anak hingga lansia, kepada penerima vaksin dosis dua dengan jangka waktu enam bulan.

Baca juga: Mensos tinjau kesiapan lumbung sosial di Tulungagung dan Trenggalek

"Ini yang paling penting. Baru setelah itu remaja, dewasa dan masyarakat umum. Memang kita diarahkan untuk prioritas lansia dulu yang di-booster,” ujarnya.

Kendati sudah bisa melaksanakan vaksinasi penguat sebagaimana 29 kabupaten/kota lain di Jawa Timur, saat ini pemerintah setempat juga tengah mengejar capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua agar bisa 100 persen.

Baca juga: Prasasti Kamulan dipindahkan ke Trenggalek

Merujuk data per 10 Januari 2022, capaian vaksinasi dosis pertama masyarakat umum mencapai 84,04 persen dan lansia 66,54 persen.

“Yang paling penting adalah mengejar dosis pertama dan kedua lansia, booster lansia dan  anak-anak. Targetnya tentu sesuai sasaran kami, yakni 500 ribu sasaran,” ujarnya. 

Baca juga: Jubir Kemenkes jelaskan perbedaan vaksin booster homolog dan heterolog

Baca juga: 118,49 juta orang di Indonesia dapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022