Saya teringat waktu saya SMA dulu. Alhamdulillah saya sudah coba, lintasannya cukup aman
Jakarta (ANTARA) - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo menguji coba trek balapan lurus atau "drag race" di Jalan Inspeksi Kali Ancol menggunakan sepeda motor 2-tak dengan kubikasi 150cc.

Uji coba trek balapan bersama Kepala Unit 2 Satuan Patroli dan Pengawalan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKP Harnas Prihandito, sebagai bagian dari acara gladi resik ajang balap jalanan ("street race") Polda Metro Jaya di Pademangan, Jakarta Utara itu, membuat Sambodo terkenang masa sekolah dulu.

"Saya teringat waktu saya SMA dulu. Alhamdulillah saya sudah coba, lintasannya cukup aman. Kemudian besok kita semua berdoa, mudah-mudahan tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan," kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta Utara, Sabtu.
​​​​​
Walau Sambodo kalah cepat dari Harnas yang menunggangi sepeda motor 4-tak dengan kubikasi 1.000 cc, semua bersenang-senang. Karena menurut Sambodo, ini ajang bagi semua komunitas yang menyenangi balapan untuk menyalurkan hobinya.

Sore ini, Polda Metro Jaya melaksanakan gladi resik atau persiapan menuju acara balap jalanan besok.

Menurut Sambodo, persiapan sudah 90 persen,tinggal penyelesaian pemasangan penutup pagar untuk area penonton, pemasangan tenda untuk area VIP, dan sebagainya.

Sedangkan lintasan, kata dia, sudah siap pengerjaannya. Titik aspal yang rawan bergelombang (bumpy) sudah ditambal. Sejumlah ranting pohon yang diperkirakan akan mengganggu pandangan pembalap juga sudah dipotong.

Sampai saat ini, kata Sambodo, kuota 350 pembalap sudah terpenuhi semua. Mereka dibagi dalam beberapa kelas, mulai dari kelas matik 4 tak, sport 2 tak, kelas Sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, sport 4 tak, bahkan kelas Vespa juga ada.

Baca juga: Jalan Inspeksi Kali Ancol lima hari lagi jadi trek balap jalanan
Baca juga: Polrestro Jakut rekayasa lalu lintas Jalan Inspeksi Kali Ancol
Baca juga: Polda Metro tempatkan penonton balap di sisi Jalan Inspeksi Kali Ancol

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022