Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Minggu (16/1) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Menkopolhukam arahkan kasus Proyek Satelit Kemhan ke ranah hukum hingga Oktober 2024 harus ganti presiden/wakil presiden.

Klik di sini untuk membaca berita selengkapnya

1. Mahfud MD arahkan kasus Proyek Satelit Kemhan ke ranah hukum

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memutuskan untuk mengarahkan kasus dugaan pelanggaran peraturan perundang-undangan Proyek Satelit Kementerian Pertahanan (Kemenhan) agar diproses secara hukum.

“Saya putuskan untuk segera berhenti rapat melulu dan mengarahkan agar (kasus ini) diproses secara hukum,” ujar Mahfud MD dalam postingan akun Instagram resminya, dikutip dari Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

2. Analis tegaskan Oktober 2024 harus ganti presiden/wakil presiden

Analis politik dari Universitas Diponegoro Teguh Yuwono menegaskan pada bulan Oktober 2024 harus ada pergantian presiden dan wakil presiden dari hasil Pemilihan Umum Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Penundaan Pemilu 2024 melanggar konstitusi karena mekanisme siklus 5 tahunan diatur dalam tata kelola perundang-undangan," kata Dr Teguh Yuwono di Semarang, Minggu pagi.

Selengkapnya di sini

3. Erick Thohir dapat dukungan jadi Capres 2024 dari relawan di Ciamis

Relawan Balad Erick Thohir mendeklarasikan Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju pada bursa Calon Presiden (Capres) 2024, di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu.

Sekjen Balad Erick Thohir, Natsir Amir mengungkapkan salah satu alasan penting pihaknya memutuskan untuk mendeklarasikan Erick Thohir menjadi Capres 2024 adalah pentingnya segera mencari sosok pengganti Presiden Jokowi.

Selengkapnya di sini

4. Kemendagri ingatkan bahaya swafoto KTP-el terkait "NFT"

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengingatkan bahaya mengunggah swafoto bersama dengan kartu tanda penduduk elektronik atau KTP-el terkait fenomena bisnis digital Non-Fungible Token (NFT).

Dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, Zudan mengatakan penjualan dan pengunggahan foto dokumen kependudukan tersebut sangat rentan terhadap tindak kejahatan.

Selengkapnya di sini

5. Gus Nabil lantik pimpinan wilayah Pagar Nusa Riau

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatul Ulama (PP PSNU) Pagar Nusa Muhammad Nabil Haroen atau Gus Nabil melantik secara resmi pimpinan wilayah (PW) PSNU Pagar Nusa Provinsi Riau masa khidmat 2021-2026.

Pelantikan itu dirangkaikan dengan peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-96 Nahdlatul Ulama dan Harlah ke-36 Pagar Nusa, di Pondok Pesantren Darurrahman Ukui, Pelalawan, Riau, Minggu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022