temuan pasien positif itu muncul lantaran kelurahan gencar melakukan penelusuran (tracing)
Jakarta (ANTARA) - Lurah Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat menyebut sebanyak 89 warganya yang menghuni RW 02 dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR.

Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya sebanyak 67 warga positif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR.

"Per kemarin malam di angka 89, 40 di antaranya isoman (isolasi mandiri). Sisanya sudah dibawa ke pusat isolasi," kata Lurah Krukut Ilham Nurkarin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Ilham mengatakan temuan pasien positif itu muncul lantaran  kelurahan gencar melakukan penelusuran (tracing) sejak beberapa hari terakhir. Mereka yang ikut tracing wajib mengikuti tes PCR dan swab yang disediakan pihak puskemas.

Kini, 49 warganya yang positif COVID-19 telah dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran dan Wisma BNI Jalan Kemukus kawasan Kota Tua untuk menjalani isolasi mandiri.

Sebelumnya, temuan kasus positif COVID-19 berawal dari salah satu warga berinisial R yang melakukan tes PCR mandiri karena sebelumnya sempat pergi ke luar kota. Hasil tes PCR itu menunjukkan hasil positif pada 5 Januari.

Karena hasil tes itu, petugas kesehatan menelusuri di wilayah tempat pasien pertama tinggal. Warga yang kontak erat dilakukan tes swab antigen dan PCR. Hasilnya, sebanyak 34 warga dinyatakan positif COVID-19. Keluarga dari pasien pertama termasuk dalam 34 warga yang dinyatakan positif COVID-19.

Kini setelah tracing dilakukan selama beberapa hari, tercatat ada 89 warga yang terpapar COVID-19.
Baca juga: Tidak ada penambahan kasus positif COVID-19 di kawasan Krukut
Baca juga: Kapolda Metro apresiasi penanganan COVID di Krukut Jakbar
Baca juga: Pemkot Jakbar perluas karantina wilayah skala mikro di kawasan Krukut

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022