Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa negara-negara dengan peradaban yang berbeda dapat bekerja sama mencapai kemakmuran bersama atas dasar saling menghormati dan dengan mencari titik temu yang saling menguntungkan sambil mengesampingkan perbedaan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Xi saat menyampaikan pidato khusus pada sesi virtual Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) 2022 pada Senin (17/1), seperti diberitakan oleh Xinhua Global Service.

Jalan ke depan yang benar bagi umat manusia adalah pembangunan yang damai dan kerja sama yang saling menguntungkan, ujar Xi.

Xi juga menyerukan agar negara-negara mengikuti tren sejarah, bekerja untuk tatanan internasional yang stabil, mengadvokasi nilai-nilai umum kemanusiaan, serta membangun komunitas dengan masa depan bersama umat manusia.

"Kita harus memilih dialog alih-alih konfrontasi, inklusivitas alih-alih eksklusivitas, dan berdiri melawan semua bentuk unilateralisme, proteksionisme, hegemoni, atau politik kekuasaan," tutur Xi Jinping.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022