Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI Saan Mustofa menilai calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus orang yang mampu kerja maksimal untuk mewujudkan konsep pembangunan di IKN baru tersebut.

"Memang harus dicari orang-orang yang mau bekerja maksimal dan memiliki konsep terkait membangun Ibu Kota Negara walaupun sudah ada rencana induk," kata Saan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Dia menilai, Kepala Otorita harus seorang yang memiliki latar belakang teknokrat dan punya kemampuan dalam mempersiapkan, membangun dan menyelenggarakan pemerintahan.

Baca juga: KSP: Presiden miliki hak prerogatif tentukan Kepala Badan Otorita IKN
Baca juga: Pansus: Penentuan Kepala Otorita pertama tidak perlu konsultasi DPR
Baca juga: Panja putuskan penyelenggara pemerintahan IKN adalah Kepala Otorita


Menurut dia, pekerjaan untuk membangun dan menyelenggarakan pemerintahan di IKN Nusantara merupakan kerja yang membutuhkan kemampuan memadai sehingga diperlukan orang yang mumpuni untuk menjadi Kepala Otorita.

Selain itu, Saan menilai nama-nama calon Kepala Otorita IKN yang sudah beredar merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan memadai memimpin penyelenggaraan pemerintah.

"Bambang Brojonegoro pernah menjadi Kepala Bappenas, Pak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) punya pengalaman di DKI Jakarta, dan Pak Azwar Anas menjadi Bupati Banyuwangi dua periode," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menilai penunjukan Kepala Otorita IKN Nusantara merupakan kewenangan Presiden sesuai dengan ketentuan RUU IKN.

Saan meyakini Presiden Jokowi akan memilih orang yang terbaik dan mampu bekerja maksimal dalam mewujudkan pembangunan di IKN baru tersebut.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022