yang paling memungkinkan dilakukan kedua daerah dalam mendorong ekonomi masyarakat, salah satunya itu sektor UMKM
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan kesiapan Pemerintah Jawa Timur bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam mendukung pengembangan sektor UMKM untuk menyongsong perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022.

"Saya sudah tiga kali bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Dalam pertemuan itu kami saling bertukar pikiran dan pandangan kerjasama-kerjasama apa yang paling memungkinkan dilakukan kedua daerah dalam mendorong ekonomi masyarakat, salah satunya itu sektor UMKM khususnya kaitan dengan "merchandise"," ujar Khofifah dalam kunjungan kerjanya untuk melihat kesiapan pembalap Honda Team Asia asal Jatim, Mario Suryo Aji di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu.

Mario Suryo Aji putra kelahiran Magetan Jawa Timur  akan tampil penuh di ajang Moto3, termasuk di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 18-20 Maret 2022.

Menurut Gubernur, antara NTB dan Jatim memiliki banyak kesamaan, salah satunya dalam program pengembangan sektor UMKM yang dinilai memiliki dampak ekonomi cukup besar bagi masyarakat.

Ini bisa dilihat dari banyaknya hasil kerajinan yang diproduksi UMKM di NTB bisa ditemukan di Jatim. Begitu juga sebaliknya hasil kerajinan dari Jatim banyak juga dilihat di NTB.

"Jadi kita melihat mana produk-produk dari UMKM itu yang bisa memberikan pengayaan untuk bisa di identifikasi kedua daerah. Karena ketika berbicara Mandalika bukan lagi berbicara NTB tetapi Indonesia," katanya.

Sementara itu Khofifah menyatakan mengagumi  keindahan Sirkuit Mandalika yang dikelilingi perbukitan yang tidak ditemukan di sirkuit lainnya di dunia.

"Kalau di Mandalika beda banget. Di sini, sirkuitnya sangat indah. Tadi, saya berkeliling dan sangat menikmati pemandangan dan perbukitannya. Inilah yang membuat penonton enggak bosan nonton balapnya," kata mantan Menteri Sosial itu.


Baca juga: Khofifah puji keindahan Sirkuit Mandalika Lombok Tengah
Baca juga: NTB siapkan gedung pemerintah tampung penonton MotoGP Mandalika
Baca juga: Pembenahan Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022