Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pegunungan Bintang dan Universitas Okmin Papua di bidang pendidikan, riset, dan inovasi.

Kerja sama itu juga mendukung pemerataan kebijakan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi serta mengakselerasi pertumbuhan sosial dan ekonomi.

"Kami siap memberikan dukungan, khususnya dalam bentuk fasilitasi pengembangan pengetahuan sumber daya manusia, dan pelaksanaan sebagian aktivitas riset yang dikerjasamakan dengan Universitas Okmin Papua," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Handoko menuturkan Kabupaten Pegunungan Bintang di wilayah perbatasan dengan karakteristik dataran tinggi memiliki keunikan tersendiri untuk sosial dan budayanya. Itu menjadi tantangan tersendiri bagi BRIN dalam mendorong kegiatan riset dan inovasi di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Baca juga: Kemendikbudristek izinkan Universitas Okmin Papua beroperasi

Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana berharap kerja sama itu mampu menjadi pintu pembuka aktivitas riset dan inovasi, sehingga mendukung peningkatan kapasitas daerahnya.

Ia menuturkan sebagai salah satu wilayah di ujung Papua, Kabupaten Pegunungan Bintang sangat kaya akan anugerah alam dan manusia, dimana dapat menjadi potensi keunggulan bangsa di masa depan.

Ia berharap dukungan riset dan inovasi dari BRIN dapat meningkatkan nilai tambah untuk kepentingan ekonomi dan sosial di daerah tersebut.

"Dengan keuntungan sumber daya alam yang melimpah, kalau tidak dibangun manusianya itu seperti tidak menghargai anugerah. Kami ingin masyarakat menjadi lebih terampil, cerdas, dan terdidik," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek dukung pendirian Universitas Okmin Papua

Baca juga: Pemkab Pegunungan Bintang bangun ribuan rumah warga


Penandatanganan surat pernyataan kerja sama di antara pihak-pihak tersebut dilakukan oleh Pelaksana tugas Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi, Mego Pinandito sebagai perwakilan BRIN, Bupati Spei Yan Bidana dan Rektor Universitas Okmin Papua Suryasatriya Trihandaru yang disaksikan oleh Kepala BRIN.

Melalui surat pernyataan kerja sama tersebut, akan disusun skema program kolaborasi dalam nota kesepakatan dan kesepahaman kegiatan riset dan inovasi bersama.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022