Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Rabu (26/1) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari pekerja migran Indonesia (PMI) secara ilegal atau unprosedural hingga BPJS Kesehatan menetapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas tunggal peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Berikut berita-berita tersebut :

1. Menaker: Tindak tegas pihak yang terlibat dalam penempatan PMI ilegal

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyatakan bahwa pihaknya tidak segan-segan menindak tegas secara hukum pihak-pihak yang terlibat dalam penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) secara ilegal atau unprosedural.

"Kami akan melakukan penegakan hukum di Indonesia. Kami berharap penegakan hukum dilakukan di sini. P3MI yang nakal kami cabut izinnya. Siapa pun yang menempatkan PMI secara unprosedural kami laporkan kepada kepolisian. Kami dampingi para korban untuk melapor kepada kepolisian," ucap Menaker dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menaker: Tindak tegas pihak yang terlibat dalam penempatan PMI ilegal

2. BPJS Kesehatan tetapkan NIK identitas tunggal peserta JKN-KIS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan menetapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas tunggal peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Dalam rangka memberikan kemudahan layanan administrasi kepesertaan, kami menggunakan NIK sebagai nomor identitas peserta JKN-KIS, ini suatu lompatan luar biasa," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron dalam acara peluncuran secara virtual akses layanan JKN-KIS dengan NIK yang diikuti dari aplikasi Zoom di Jakarta, Rabu.

Baca juga: BPJS Kesehatan tetapkan NIK identitas tunggal peserta JKN-KIS

3. P2G desak Pemprov DKI Jakarta hentikan PTM 100 persen

Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak Pemprov DKI Jakarta agar menghentikan sementara pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen, menyusul ditemukannya kasus positif COVID-19 di 90 sekolah.

“Sebanyak 90 sekolah di DKI Jakarta ditutup dan dihentikan proses PTM 100 persen karena siswa dan guru positif COVID-19,” kata Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: P2G desak Pemprov DKI Jakarta hentikan PTM 100 persen

4. Satgas: 125,6 juta warga sudah dapat dosis lengkap vaksin COVID-19

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas) mencatat sebanyak 125.673.513 warga Indonesia sudah mendapatkan dosis lengkap vaksin COVID-19 sampai dengan Rabu, pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan data milik Satgas yang dikutip ANTARA di Jakarta pada Rabu, banyaknya jumlah warga yang menerima vaksin tersebut didapat setelah mengalami penambahan sebanyak 566.671 orang.

Baca juga: Satgas: 125,6 juta warga sudah dapat dosis lengkap vaksin COVID-19

5. BMKG sebut perlu proses koneksikan sinyal gempa erupsi ke peladen

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut perlu proses untuk mengoneksikan sinyal gempa letusan gunung api ke peladen miliknya.

Menurut Dwikorita dalam acara diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Rabu, BMKG tidak mampu memantau sinyal gempa gunung api, dan pemantauan dilakukan di bawah kewenangan Badan Geologi.

Baca juga: BMKG sebut perlu proses koneksikan sinyal gempa erupsi ke peladen

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022