Jakarta (ANTARA) - ​​​​​Astra Isuzu Bogor menggelar program edukasi kepada pemilik maupun operator kendaraan niaga terkait regulasi emisi bahan bakar Euro 4 yang berlaku April 2022, sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017.

“Ini akan dilaksanakan rutin setiap bulan di beberapa titik strategis operasional truk, namun tidak terbatas Customer Astra Isuzu Bogor,” kata Remon Agit Rimang, Kepala Cabang Astra Isuzu Bogor dalam siaran resmi pada Kamis.

Program edukasi yang dilancarkan Astra Isuzu Bogor sejalan dengan upaya PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang sudah menyiapkan teknologi mesin common-rail berstandar Euro 4 sejak mereka memperkenalkan Isuzu Giga pada 2011.

Baca juga: UD Trucks akan bawa kendaraan yagn lebih ramah lingkungan tahun depan

"Pengalaman Isuzu 10 tahun dengan mesin common-rail membuktikan kalau produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat dan mekanik Isuzu juga sudah lebih siap. Begitu juga dengan penyediaan suku cadang,” kata Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko.

Meski kesiapannya sudah dilakukan sejak 2011, namun diler-diler Isuzu di seluruh Indonesia tetap melakukan sosialisasi penerapan emisi gas buang Euro 4 di wilayahnya masing-masing, misalnya Astra Isuzu Bogor yang menyediakan jasa pengecekan kendaraan dan uji emisi secara gratis.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 10.00 WIB hingga 17.00 WIB itu berhasil menarik minat sekitar 30 mobil truk Isuzu yang kebanyakan berjenis truk tangki air karena wilayah tersebut merupakan jalur pengantaran air bersih dari Caringin.

“Kelulusan uji emisi memberikan dampak yang baik bagi lingkungan maupun kesehatan kendaraan itu sendiri,” terang Remon. “Untuk layanan service kendaraan Isuzu, Customer tidak perlu datang ke bengkel resmi, kami juga bisa jemput dan service ke lokasi mereka beroperasi."

Baca juga: KTB Fuso siapkan 29 model truk berspesifikasi Euro 4

Baca juga: Shell Indonesia hadirkan solar berstandar Euro 5

Baca juga: UD Trucks pastikan ikuti standar Euro4 pada April 2022
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022