pada tahun ini terdapat 323 calon haji dan 4 petugas yang berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Embarkasi Balikpapan
Manado (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi  Manado memberangkatkan jamaah calon haji asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa.

General Manager (GM) Bandara Sam Ratulangi Minggus Gandeguai di Manado, Selasa, mengatakan jamaah calon haji asal Sulut yang sejak 26 Juni 2022 berada di Asrama Haji di Manado, pada Selasa pukul 04.00 Wita berangkat dari Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Embarkasi Balikpapan menggunakan pesawat carter Lion Air JT5741 dan JT5743.

“Setelah dua tahun ini tidak ada penerbangan haji, pada tahun ini terdapat 323 calon haji dan empat petugas yang berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Embarkasi Balikpapan,” ujar Minggus.

Baca juga: Sulut tambah satu kasus baru COVID-19 dari pelaku perjalanan

Ia mengatakan PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado sudah melakukan berbagai persiapan keberangkatan jamaah calon haji.

"Kami mengutamakan kesiapan personel dalam melayani jamaah sehingga diharapkan keberangkatan para calon haji hari ini dapat berjalan aman dan lancar," katanya.

Jumlah calon haji tahun 2022 asal Sulut tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya seperti pada tahun 2019 yang mencapai 885 orang karena masih adanya penyesuaian.

Baca juga: Sepekan Sulut tidak terjadi penambahan kasus baru COVID-19

"Kami selalu doakan semoga ibadah haji jamaah dapat berjalan dengan lancar, jamaah diberi kesehatan hingga saat pulang kembali ke Tanah Air dan dapat menjadi haji yang mabrur,” ujar Minggus.

Adapun jamaah calon Haji dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang diberangkatkan hari ini berasal dari Manado, Tomohon, Bitung, Kotamobagu, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Utara, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Sangihe dan Talaud.

Baca juga: Satgas khawatir ada lonjakan kasus usai libur sekolah di Sulut

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022