Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam menyebutkan sebanyak 5.391 orang calon haji yang tergabung dalam 12 kelompok terbang (kloter) telah diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Jadi berdasarkan hasil rekap kita total secara keseluruhan jamaah dari 4 provinsi itu ada 5.402 orang, tetapi yang berhasil diberangkatkan lewat Embarkasi Batam 5.391 orang," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Edi Batara saat dihubungi melalui sambungan telepon di Batam, Selasa.

Ia mengatakan terdapat 11 calon haji yang tidak bisa diberangkatkan melalui Embarkasi Hang Nadim Batam karena dalam kondisi hamil dan sakit, dan satu di antaranya meninggal dunia menjelang keberangkatannya ke embarkasi.

Baca juga: 76.421 calon haji sudah diberangkatkan ke Tanah Suci

"Ada 11 orang yang tidak berangkat lewat Embarkasi Batam, ada yang hamil, ada juga karena sakit, terus ada satu orang asal Dumai Riau yang meninggal dunia, itu meninggalnya di daerah asal sebelum berangkat ke embarkasi," ujar Edi.

Dari 11 calon haji yang tidak bisa berangkat melalui Embarkasi Hang Nadim Batam, dua orang asal Kota Pekanbaru Provinsi Riau akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Bekasi.

Semestinya dua calon haji tersebut diberangkatkan pada kloter 12 Embarkasi Hang Nadim Batam, namun karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, akhirnya harus menunda keberangkatannya.

Baca juga: Bandara Sam Ratulangi memberangkatkan jamaah calon haji ke Balikpapan

"Di dalam 11 orang yang tidak bisa berangkat lewat Embarkasi Batam, ada dua orang yang pindah ke Embarkasi Bekasi karena sakit, jadi begitu sudah sehat mereka berangkat lewat Jakarta," kata dia.

Selain itu, Edi menyampaikan saat ini seluruh JCH Embarkasi Hang Nadim Batam dalam kondisi sehat.

Semua JCH sudah berada di Mekkah dan telah menjalankan ibadah umroh.

Baca juga: Kemenag Papua harapkan PPIH berkoordinasi dengan panitia daerah

"Sejauh laporan yang kami terima, jamaah kita kondisinya sehat wal afiat termasuk petugas-petugasnya. Semua jamaah sudah di Mekkah, yang jamaah gelombang satu itu ada 4 kloter dari Kepri dan Kalbar semuanya sudah di Mekkah, terus yang gelombang dua memang tujuannya langsung ke Jeddah jadi sudah di Mekkah. Dan semua jamaah kita sudah menjalankan ibadah umroh," ujar dia.

Jamaah calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam terbagi dalam 12 kloter dan dua gelombang.

Pada musim haji 2022, Embarkasi Hang Nadim Batam melayani jamaah dari empat provinsi yaitu Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat yang terbagi dalam 12 kloter dan dua gelombang.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022