Kemarin di uji coba Bangkok tim putri juga lolos, sedangkan putra hampir lolos
Jakarta (Antara News) - Tim putra dan putri Indonesia membidik lolos babak penyisihan pada Kejuaraan Dunia bola basket FIBA 3X3 U-18 2013 yang akan berlangsung di Monumen Nasional (Monas) pada 26-29 September 2013.

FIBA 3X3 U-18 World Championships diikuti oleh 32 tim putra dan 24 tim putri dari 44 negara yang akan menampilkan pemain terbaik kelas dunia karena ajang ini sekaligus sebagai seleksi untuk Youth Olympic Games di Nanjing, China pada Agustus 2014.

"Target lolos dari pool. Tetapi 3X3 ini sulit diprediksi, jadi bisa saja tim yang tidak dijagokan mengalahkan yang unggul," kata Sekjen PP PERBASI, Agus Mauro, Rabu.

Tim Indonesia telah dipersiapkan sejak Januari dengan merekrut enam pemain putra dan putri yang digodok dalam pelatnas di bawah asuhan Anthony Gunawan dan Youbel Sondakh.

Tim putra antara lain Vincent Rivaldi Kosasih, Revaldo, Sandy Ibrahim, Alkristian Chandra, Reza, dan Iwan Prasto. Sementara tim putri di antaranya Vinny Rusadi, Rima Anggeng, Calista Elvira, Monica Kristianti Halim, Rani, dan Maria Delaria. Tim telah menjalani uji coba di Australia dan FIBA Asia U-18 di Bangkok, Thailand. Menjelang kejuaraan, tim juga akan diuji coba lagi ke China.

"Lawan nanti pasti akan lebih berat. Tetapi kalau ukuran pemain putra masih nggak kalah, jam terbang kita juga masih agak kurang," tutur pelatih tim, Anthony Gunawan.

"Tetapi peluang kita sangat besar untuk lolos pool. Kemarin di uji coba Bangkok tim putri juga lolos, sedangkan putra hampir lolos," tambahnya.

Format pertandingan yang digunakan untuk babak penyisihan adalah dengan pembagian pool dimana peserta dibagi dalam delapan pool. Dan memasuki babak perempatfinal akan digunakan sistem gugur.

Tim tersebut juga akan dipersiapkan untuk Asian Youth Games (AYG) di Nanjing China pada Agustus mendatang. "Nanti kita akan tambah dua pemain lagi di tim putra dan putri sehingga total pemain pelatnas masing-masing delapan pemain. Dari situ nanti dipilih yang akan bermain di AYG," jelas Anthony, yang dikenal dengan julukan transformer di dunia streetball itu.

Selain itu, PP PERBASI juga telah menyiapkan empat nama pemain yang akan diturunkan pada FIBA 3X3 World Tour di Jepang pada Agustus mendatang. Keempat pemain yang lolos seleksi antara lain Wijaya Saputra, Fandi Andika Ramadhani, Finton Nolland, dan Rizky Effendi.

"Kami sudah melakukan seleksi dan telah memilih empat pemain terbaik yang akan mewakili Jakarta," ujar Agus.

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013