Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengimbau masyarakat khususnya kaum perempuan untuk berperan aktif dalam pemilu legislatif dan tidak golput.

"Jangan golput, terutama kaum perempuan, mari pilih calon legislatif perempuan," kata Linda usai deklarasi caleg perempuan yang dibarengi dengan bakti sosial dan Fun Walk di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu.

Deklarasi tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta The United Nations Development Programme (UNDP).

Linda mengatakan, keterwakilan perempuan 30 persen di parlemen bukan hanya untuk kepentingan kaum hawa melainkan untuk membantu menyukseskan pembangunan bangsa.

Sebab, caleg perempuan yang terpilih menjadi anggota legislatif mempunyai tanggung jawab besar untuk mengawal keberlanjutan pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak melalui strategi pengarusutamaan gender, ujarnya.

Hal tersebut, tambah Linda, untuk mempercepat terwujudnya kualitas kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan gender yang ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup perempuan dan pemenuhan hak di berbagai bidang pembangunan.

Selain itu, posisi perempuan di legislatif juga untuk meningkatkan kualitas demokrasi yang partisipatif, yang akan menghasilkan kebijakan publik yang responsif gender guna mendorong terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender di berbagai aspek pembangunan nasional.

Sementara itu, para caleg perempuan dari berbagai partai politik melakukan deklarasi bersama di Bundaran Hotel Indonesia untuk mewujudkan pemilu damai dan meningkatkan kesejahteraan rakyat jika terpilih menjadi wakil rakyat.


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014