Manado (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo direncanakan membuka pelaksanaan Kongres X Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Sulawesi Utara, April 2015.

"Persiapan demi persiapan terus dimatangkan, termasuk rencana kedatangan Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Salah satu agenda yang akan dilaksanakan dalam kongres tersebut adalah pemilihan pengurus baru," kata Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil di Manado, Rabu.

Wagub ketika audiensi dengan Ketua Umum Pucuk Pimpinan Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) Gembala Teddy Batasina STh mengatakan, dalam kongres tersebut juga akan digelar seminar nasional menghadirkan beberapa menteri kabinet kerja Jokowi-JK serta para tokoh pemuda asal daerah ini.

"Mari secara bersama-sama seluruh pemangku kepentingan di daerah ini ikut sukseskan kegiatan nasional ini. Tak lupa tetap menjaga keamanan sehingga tercipta suasana nyaman saat pelaksanaan kongres," katanya.

Wagub yang dipercaya menjadi ketua umum panitia mengatakan, setelah melakukan temu muka dengan KGPM, penitia juga akan melakukan hal serupa dengan pimpinan denominasi gereja di daerah ini.

Sementara itu Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) menyokong pelaksanaan kongres X Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang akan dilaksanakan di daerah ini dua bulan mendatang.

"Salah satu bentuk dukungan KGPM dalam menyukseskan kongres ini adalah melibatkan ratusan pemuda KGPM dalam ibadah agung dan pawai Paskah nasional pemuda denominasi gereja yang digelar untuk pertama kalinya di Indonesia dalam event akbar tersebut," kata Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM Gembala Teddy Batasina STh saat menerima panitia Kongres X GAMKI di Manado, Rabu.

Tak hanya mendukung, Batasina juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan panitia pelaksana dengan menggelar ibadah agung dan pawai Paskah nasional tersebut.

"Momentum ini akan menjadi catatan sejarah bahwa Sulut mampu mempersatukan seluruh pemuda denominasi gereja se-Indonesia. Saya sangat mengapresiasi terobosan ini dan diharapkan menjadi kalender tahunan GAMKI se-Indonesia," katanya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015