Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia mengingatkan calon penumpang untuk memperhatikan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru yang akan berlaku mulai 1 April 2015 agar tidak ketinggalan KA yang bakal ditumpangi.

"Kami imbau calon penumpang untuk memperhatikan Gapeka 2015 karena sejumlah KA mengalami perubahan jadwal perjalanan," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, dari 64 KA yang jadwal perjalanannya berubah, KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir pergi pulang (pp) mengalami perubahan jadwal perjalanan secara signifikan.

Selama ini, kata dia, KA Purwojaya berangkat dari Stasiun Cilacap menuju Jakarta pada pukul 18.05 WIB.

Akan tetapi berdasarkan Gapeka 2015, lanjut dia, KA Purwojaya berangkat dari Stasiun Cilacap lebih awal, yakni pada pukul 14.30 WIB.

"Selanjutnya, KA Purwojaya tujuan Jakarta itu akan diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 16.10 WIB atau lebih awal sekitar 3,5 jam dari jadwal sebelumnya yang berangkat pada pukul 19.42 WIB. KA Purwojaya akan tiba di Stasiun Gambir pada pukul 21.23 WIB," katanya.

Sementara untuk KA Purwojaya tujuan Cilacap, kata dia, berdasarkan Gapeka 2015 akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir pada pukul 22.15 WIB.

Menurut dia, KA Purwojaya dari Jakarta akan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 03.35 WIB dan sampai di Stasiun Cilacap pada pukul 05.15 WIB.

"Selama ini, KA Purwojaya tujuan Cilacap diberangkatkan dari Stasiun Gambir pada pukul 06.20 WIB," jelasnya.

Surono mengatakan bahwa perubahan jadwal secara signifikan terhadap KA Purwojaya dilakukan untuk memenuhi harapan masyarakat.

"Saat ini, jadwal kedatangan KA Purwojaya di Stasiun Gambir pada pukul 00.48 WIB sehingga banyak dikeluhkan penumpang karena mereka harus menunggu hingga pagi di stasiun sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. Dengan Gapeka 2015, kedatangan KA Purwojaya di Stasiun Gambir masih relatif sore sehingga penumpang akan lebih mudah untuk meneruskan perjalanan ke tempat tujuan," katanya.

Dengan ada perubahan jam keberangkatan KA Purwojaya dari Stasiun Gambir itu, kata dia, dapat menjadi alternatif terakhir bagi calon penumpang tujuan Purwokerto dan Cilacap.

Ia mengatakan bahwa selama ini, kereta api terakhir tujuan Purwokerto yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir adalah KA Argo Lawu yang berangkat pada pukul 20.20 WIB.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa dalam Gapeka 2015 yang mulai berlaku pada tanggal 1 April, jumlah kereta api yang berhenti di Stasiun Sidareja bertambah dua KA dari jadwal yang berlaku saat ini.

"Jika dalam jadwal perjalanan yang masih berlaku hingga saat ini hanya ada sembilan KA yang berhenti di Stasiun Sidareja, dalam jadwal yang baru nanti menjadi 11 KA," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, KA Pasundan jurusan Kiaracondong-Surabaya maupun Surabaya-Kiaracondong akan kembali berhenti di Stasiun Sidareja.

Menurut dia, KA Pasundan tujuan Kiaracondong maupun Surabaya dalam satu tahun terakhir tidak berhenti di Stasiun Sidareja.

Ia mengharapkan dengan kembali berhentinya KA Pasundan di Stasiun Sidareja akan memberi kemudahan transportasi bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Masyarakat harus ikut menjaga ketertiban di lingkungan stasiun agar berhentinya KA Pasundan di Sidareja bisa dipertahankan," katanya.

Ia mengatakan bahwa banyaknya kereta api yang berhenti di suatu stasiun sangat dipengaruhi oleh faktor ketertiban dan keamanan lingkungan stasiun.

Oleh karena itu, kata dia, PT KAI akan melakukan evaluasi jika kondisi stasiun tidak tertib atau ada gangguan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015