Tim itu langsung bergerak"
Bandung (ANTARA News) - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Tim Internal PTKA diturunkan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan KA di Stasiun Waruduwur, Kabupaten Cirebon.

"KNKT sudah turun ke lokasi kejadian, dan tim internal PTKA juga sudah melakukan penyelidikan di lokasi untuk memastikan penyebab kejadian itu," kata Kepala Humas PTKA Agus Komarudin kepada Antara, Minggu.

Menurut dia, kedua tim sudah berada di Stasiun Waruduwur Cirebon sejak Sabtu malam dan hari ini melanjutkan penyelidikannya.

"Tim itu langsung bergerak, sesuai dengan prosedur tetap setiap insiden transportasi harus diselidiki KNKT," kata dia.

Sedangkan tim internal PTKA adalah tim dari sejumlah direktorat terkait dengan operasional, administrasi serta lainnya.

"Hasil penyelidikan tim itu akan diketahui dalam beberapa hari ke depan, untuk memastikan penyebab kecelakaan itu," kata dia.

Menurut Agus, insiden di Stasiun Waruduwur bukan tabrakan KA, namun KA Bangunkarta yang tengah melaju ke Semarang menyenggol KA barang yang sedang berhenti di stasiun itu.

Akibatnya, jalur utara mengalami hambatan dan baru Minggu pagi ini kembali dilintasi satu jalur yakni jalur 1 sehingga KA harus bergantian masuk.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian itu, namu seorang petugas KA barang terluka dan saat ini dirawat di RS Cirebon. Satgat perbaikan jalur rel saat ini tengah mengevakuasi lokomotif dan gerbong-gerbong di stasiun itu.



Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015