Bantul (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mendirikan pos pengamanan di lima titik untuk melayani masyarakat selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Dalam rangka pengamanan Lebaran ini kami akan melaksanakan Operasi Ketupat Progo 2015 salah satunya dengan mendirikan lima pos pengamanan dan satu pos pelayanan," kata Kepala Polres (Kapolres) Bantul AKBP Dadiyo di Bantul, Rabu.

Lima pos pengamanan (Pospam) Lebaran itu antara lain di Pospam Sedayu (Jalan Wates), Jalan Raya Srandakan, Pospam Piyungan (Jalan Wonosari), Pospam Gabusan (Jalan Parangtritis) dan Pospam Parangtritis (kawasan pintuk masuk objek wisata).

Ia mengatakan, sedangkan satu pos pelayanan (posyan) berada di simpang empat Druwo (jalan lingkar selatan), bergabung dengan pos yang disiapkan dari instansi terkait yakni Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul.

Menurut dia, pospam dan posyan Lebaran didirikan di sekitar lokasi yang sudah dideteksi tingkat kepadatan lalu lintas dan kerawanan kecelakaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2015.

"Kami melibatkan personel sekitar 400 sampai 500 anggota dalam tiap operasi, namun tidak menutup kemungkinan didukung anggota dari jajaran kepolisian sektor (polsek) seluruh kecamatan di Bantul," kata Kapolres Bantul.

Menurut dia, Pospam dan Posyan Lebaran tersebut secara efektif didirikan mulai H-7 sampai H+7 Lebaran atau pada Jumat (10/8) nanti, namun demikian tidak menutup kemungkinan waktunya bertambah sesuai kondisi di lapangan.

"Untuk persiapan sudah dilakukan, dan besok (Kamis, 9/7) Polres Bantul akan gelar pasukan kesiapan pengamanan Lebaran, karena pada besok (Kamis) malam, mereka sudah mulai bertugas," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015