Jerusalem (ANTARA News) - Bentrokan antara warga Palestina yang mengenakan topeng dan pasukan keamanan Israel terjadi di kompleks Masjid Al Aqsa, Minggu, hari terakhir libur Idul Adha bagi umat Islam, kata polisi Israel.

Kepolisian Israel menyatakan bahwa seorang remaja Palestina "melempar batu dan kembang api ke arah polisi dan pasukan penjaga perbatasan", yang meresponsnya dengan "alat-alat pembubar kerusuhan."

Seperti dilansir kantor berita AFP, ketegangan di dalam dan sekitar kompleks itu meningkat dalam pekan-pekan terakhir ini, ketika orang-orang Yahudi juga merayakan hari suci mereka.

Al-Aqsa merupakan tempat paling suci ketiga bagi umat Islam yang juga dimuliakan oleh umat Yahudi sebagai Temple Mount dan dianggap sebagai tempat paling suci dalam agama Yahudi.

Umat Islam khawatir dengan peningkatan kunjungan orang Yahudi dan kemungkinan adanya perubahan dalam pengelolaan kompleks tersebut.

Orang Yahudi diizinkan mengunjungi tempat itu tapi tidak untuk berdoa demi menghindari kemungkinan terjadinya ketegangan.

Pembatasan usia pria Muslim yang bisa mengunjungi kompleks tersebut sudah dicabut pada Minggu sementara kunjungan umat Yahudi dihentikan.

Polisi menyatakan sekarang situasi sudah "terkendali."

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015