Jakarta (ANTARA News) - ‭Teknologi ‬digital ‭ ‬telah berkembang pesat di seluruh dunia, termasuk ‭di ‬Indonesia. Kondisi itu mendorong para tenaga kerja dan praktisi mampu memahami pentingnya ‭ ‬penggunaan dan manfaat teknologi ‭ ‬karena manfaat‭ ‬dari perkembangan‭ ‬teknologi‭.‬ Juga dalam bisnis dan pemasaran berbasis digital.

Tidak hanya digunakan oleh unit bisnis yang bergerak di bidang teknologi informasi, teknologi juga dapat dioptimalkan dalam ‭ ‬mendukung beragam kegiatan operasional untuk meningkatkan‭ ‬pendapatan bisnis‭.‬ ‭

"Pada era ‭Internet of Things ‬‬seperti saat ini tentunya para marketer juga dituntut untuk tidak hanya memiliki kemampuan ‭ storytelling‬ yang visioner namun harus‭ ‬cakap di bidang teknologi,"‭‭ kata ‬Sri Safitri, Kepala Pemasaran ‬Telkomtelstra, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

"Khususnya dalam mengolah data menjadi acuan untuk menciptakan strategi guna mencapai target perusah‭aan," sambung dia.‬ Berikut lima kiat sukses dalam transformasi digital khususnya bagi seorang profesional marketing dari Safitri.

1.‭ Mengutamakan target yang mudah dijangkau alias low hanging fruits, ‭ ‬dapat ‭ ‬diselesaikan ‭ ‬dengan ‭ ‬waktu ‭ ‬relatif ‭ ‬cepat, ‭ ‬serta ‭ ‬tidak ‭ ‬memerlukan‭ ‬upaya dan energi yang tidak terlalu besar.

2.‭ Terus melakukan komunikasi yang relevan secara konsisten kepada seluruh unit ‬untuk membangun budaya digital perusahaan.

3.‭ Memberikan edukasi atau pemahaman terkait digital dalam rangka menciptakan ‬ pengalaman pelanggan yang terbaik.

4.‭ Memanfaatkan beragam teknologi (technically savvy) yang selalu berkembang pesat ‬untuk memudahkan ‭customer engagement.‬ 

5.‭ Melakukan pelibatan yang baik yang dapat dilakukan secara digital untuk ‬memahami apa yang menjadi kebutuhan‭ ‬utama pelanggan sebelum menginformasikan benefit dari produk/jasa yang kita tawarkan.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016