Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar event pameran 30 ikon Kuliner Nusantara di Kota Bandung, Jawa Barat, mulai Senin (9/5) hingga Rabu (11/5).

Kegiatan dimulai dengan seminar mengenai Kuliner Nusantara pada 9 Mei di Hotel Savoy Homan Kota Bandung, dan dilanjutkan dengan pameran pada 10-11 Mei di Jalan Ir Soekarno (samping Gedung Museum KAA Kota Bandung).

‎Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan event itu untuk mempromosikan salah satu pesona Indonesia dalam bentuk wisata kuliner yang menjadi daya tarik wisata budaya serta mendorong pemerintah daerah bersama stakeholder lain untuk membangun destinasi wisata kuliner Indonesia yang berdaya saing tinggi.

''Kegiatan ini juga untuk menemukenali dan memperkenalkan kuliner unggulan daerah agar dapat menjadi ikon di daerahnya sekaligus memperkenalkan kuliner tradisional Indonesia khususnya kuliner di kota Bandung,'' ungkap Arief dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty‎ menyampaikan target wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini aalah 12 juta orang.

''Dari 12 juta orang itu, ditargetkan 5,4 juta wisman datang ke Indonesia untuk menikmati wisata kuliner. Pameran 30 ikon kuliner nusantara di Bandung ialah salah satu upaya kami meraih target wisman dari sektor kuliner tersebut,'' tutur Esthy.

Raseno Arya selaku Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar menambahkan sebagai daya tarik, pameran 30 ikon Kuliner Nusantara ini akan menghadirkan chef Steby Rafael yang mendemonstrasikan salah satu masakan yang sudah terdaftar pada 30 ikon Kuliner Nusantara.

''Ada pula pertunjukan seni berupa pagelaran wayang seleb, sebuah produk kreatif dari wayang agent production yang gaul dikemas dalam format kekinian dengan penuh sentuhan teknologi oleh dalang kondang Ki Wawan Ajen,'' ujar dia.

Pertunjukan juga dimeriahkan Rita Tila, penyanyi beken Pop Sunda asal Kota Bandung, dan hiburan segar pelawak Ade Batak bersama Jenong Sasagon. ''Kolaborasi wayang seleb ini menekankan pada tema atraksi wisata  untuk sosialisasi branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia melalui seni pertunjukan yang atraktif dan menarik,'' tutur Raseno.

Raseno menargetkan ‎seluruh kegiatan pameran 30 ikon kuliner ini bisa menarik jumlah pengunjung hingga sekitar 5.000 orang dengan interaksi dan transaksi nilai perputaran uang sekitar Rp2 miliar.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016