Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 150 orang warga Muslim Indonesia yang berada di Bangkok menjalankan ibadah tarawih bersama staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Masjid Assyafier yang berada di lingkungan KBRI Bangkok.

Hal itu disampaikan KBRI Bangkok dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta pada Selasa.

Berbeda dengan di Indonesia, pelaksanaan ibadah tarawih di Thailand tahun ini dimulai pada 6 Juni 2016, karena ibadah puasa di Thailand memang baru dimulai pada 7 Juni 2016.

Setelah pelaksanaan salat tarawih, masyarakat Muslim Indonesia di Bangkok mendengarkan ceramah singkat mengenai makna ibadah puasa dan bulan Ramadan yang disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi.

Dalam ceramahnya, Duta Besar Ahmad Rusdi menyampaikan mengenai makna dan hikmah berpuasa sebagai masa menyucikan diri dari berbagai macam perasaan dan pikiran yang tidak baik, serta perbuatan dosa.

Untuk itu, Dubes Ahmad Rusdi juga mengimbau masyarakat Muslim Indonesia di Thailand untuk senantiasa meningkatkan kebajikan pada bulan suci Ramadan.

"Bagi warga Muslim Indonesia yang tinggal di negeri rantau ini, marilah pada Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, hendaknya mau dan mampu meningkatkan kekhusyukan beribadah dan terus berbuat kebajikan dalam berperilaku, beragama, berbangsa dan bernegara," ujar Dubes Rusdi.

Dubes RI juga mengajak agar masyarakat Muslim Indonesia di Thailand untuk tidak menodai bulan puasa dengan tindakan yang tidak baik dan mengajak untuk senantiasa menjaga persatuan, toleransi,dan kebersamaan dengan umat lainnya.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016