Kalau diperiksa demi keamanan semua, kalau perlu ngantre, ya ngantre."
Medan (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan menginstruksikan seluruh operator dan manajemen bandar udara (bandara) di Indonesia untuk memperkuat keamanan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kata Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan.

Di sela-sela kunjungan ke Bandara Kualanamu Medan, Sabtu, ia mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan sejumlah imbauan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam penguatan keamanan bandara, dan rincian (detail)-nya diinformasikan hanya untuk kepentingan internal.

"Kalau detailnya, saya tidak bisa cerita sama Anda," katanya.

Ia pun mengharapkan masyarakat juga mendukung upaya peningkatan keamanan bandara tersebut dengan memberitahukan hal-hal yang mencurigakan.

Untuk masyarakat umum, dikemukakannya, "Kalau melihat sesuatu yang mencurigakan harus disampaikan ke petugas."

Ketika dikaitkan dengan antrean yang cukup panjang akibat pemeriksaan, Jonan juga mengharapkan masyarakat dapat memahami sebagai sebuah konsekuensi untuk menjaga keamanan bersama.

"Kalau diperiksa demi keamanan semua, kalau perlu ngantre, ya ngantre," katanya.

Dalam kunjungan Menhub Ignasius Jonan tersebut terlihat sejumlah prajurit TNI dan personel Satuan Brimob Polda Sumut berjaga-jaga di depan Bandara Kualanamu.

Selain kendaraan taktis, Satuan Brimob Polda Sumut juga terlihat menyiagakan mobil penjinak bahan peledak.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016