Dengan menggunakan produk Indonesia dan menunjukkannya kepada masyarakat Arab Saudi, produk Indonesia akan semakin dikenal dan digemari di Arab Saudi. Itu cara promosi yang efektif,"
Jakarta (ANTARA News) - Indonesian Trade Promotion Center (IPTC) Jeddah mengharapkan produk-produk asal Indonesia bisa semakin dikenal melalui peningkatan penggunaan produk dalam negeri oleh warga negara Indonesia yang bermukim di Jeddah dan sekitarnya.

"Dengan menggunakan produk Indonesia dan menunjukkannya kepada masyarakat Arab Saudi, produk Indonesia akan semakin dikenal dan digemari di Arab Saudi. Itu cara promosi yang efektif," kata Kepala ITPC Jeddah Gunawan, dalam siaran pers yang diterima, Senin.

Gunawan mengatakan, promosi yang efektif dapat dilakukan dengan cara memberi contoh melalui penggunaan produk Indonesia untuk diri sendiri. WNI di Arab Saudi, khususnya di Jeddah, dapat menggunakan produk-produk Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Gunawan menyampaikan hal tersebut dalam acara donor darah yang diikuti oleh WNI yang tinggal di Jeddah, dan dijadikan ajang untuk edukasi untuk memasarkan produk-produk Indonesia untuk lebih dikenal masyarakat Arab Saudi.

"Kegiatan donor darah kami jadikan sebagai media edukasi untuk memasyarakatkan produk-produk Indonesia di Arab Saudi," kata Gunawan.

Beberapa perusahaan importir produk Indonesia di Arab Saudi antara lain adalah Mohammad Bawazir for Trading, dimana pada tahun 2016 merupakan importir produk makanan dan minuman dari Indonesia dengan nilai total transaksi lebih dari 10 juta dolar Amerika Serikat per tahun, atau sekitar Rp135 miliar.

Selain itu, Sami Alkathiri yang merupakan salah satu perusahaan penerima penghargaan Primaduta Award 2015. Primaduta Award adalah penghargaan yang diberikan Kementerian Perdagangan kepada importir produk Indonesia yang loyal, berkomitmen, dan berprestasi meningkatkan ekspor produk Indonesia ke negara asal mereka.

Kegiatan donor darah tersebut diadakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, serta bermitra dengan para importir dan produsen produk Indonesia di Arab Saudi. Para mitra membagikan bingkisan produk-produk Indonesia kepada peserta donor darah.

Acara donor darah digelar KJRI Jeddah untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke71. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pejabat konsuler, perwakilan tim medis Kementerian Kesehatan Arab Saudi, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Bantuan Masyarakat Indonesia (Garda-BMI).

"Kegiatan donor darah ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat Indonesia di Jeddah. Hal ini terlihat dari peserta donor darah yang berbondong-bondong datang ke KJRI sejak pukul 08.00 pagi," kata Plt. Konsul Jenderal RI di Jeddah, Dicky Yunus.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016