Surabaya (ANTARA News) - Pengusaha sekaligus motivator ekonomi Tung Dasem Waringin menyampaikan bahwa pemasaran saat ini menjadi tantangan yang harus dihadapi para pebisnis digital atau daring (dalam jaringan) atau "online".

"Tantangan nomor satu itu marketing atau pemasaran karena di dunia online ini anda bersaing langsung dan persaingan ketat," ujarnya di sela menjadi pembicara di seminar bertajuk "Supersemar of Ecommerce" di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, sebagus apapun produk yang dijual tanpa diimbangi dengan pemasaran yang andal maka hal itu diyakini akan percuma.

Selain itu, kata dia, informasi data pelanggan merupakan hal penting karena dengan memiliki "database" maka dapat diketahui pasar yang dibutuhkan pelanggan.

Tak itu saja, katanya, penjualan di internet juga harus diimbangi dengan mengemas penawaran menarik sebab kalau tidak maka tidak akan dilihat dan ditinjau.

Di tempat sama, CEO of PRO-M Organizer Training, Herman Josep Soewono, mengatakan Indonesia mempunyai pangsa pasar tinggi bagi produsen barang yang menjalankan bisnis "e-commerce", yaitu aktivitas bisnis melalui internet.

Bahkan, lanjut dia, tingginya perdagangan barang dan jasa melalui bisnis daring diimbangi peningkatan jumlah pengguna internet yang mencapai 130 juta pengguna pada 2016.

"Hal Itu berarti merupakan pasar sangat besar bagi dunia retail. Mau tidak mau suka atau tidak suka bisnis semacam ini tahun mendatang akan dibutuhkan," katanya.

Inovasi lain, lanjut dia, bisnis seperti ini tidak hanya diimbangi sarana promosi, namun kedekatan personal dengan konsumen menjadi faktor yang diprioritaskan.

"Jeleknya orang kita itu jarang mendekatkan dengan konsumen. Ingat, sosial media bukan satu-satunya alat," katanya.

Sementara itu, seminar kali ini menghadirkan 11 pembicara yang sehari-hari bergerak di dunia digital.

Selain Tung Dasem Waringin (Enterpreneur & Motivator), juga ada James Gwee (Indonesias Favourite Trainer & Seminar Speaker), Juanda Rovelim (Digital Marketer), Gaery Undarsa (Co-Founder of Tiket.com), Sunil Tolani (CEO IDAFF), Frans Budi Pranata (CFO Kinerja Pay Corp & Best CEO SWA 2013-2015), Deny Rahardjo (CEO PT Kinerja Pay Indonesia), Denny Santoso (Digital Marketer) dan Bari Arijono (Ketua Umum ADEI).

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017