Bandung (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan siap mengoptimalkan perbaikan sekolah yang rusak akibat dampak bencana banjir bandang Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, September 2016.

"Kita cek betul, dan perhatikan betul sekolah yang terkena dampak, akan kita awasi akan kita kontrol sampai betul-betul normal kembali," kata Muhadjir saat meninjau kondisi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri B di Kabupaten Garut, Selasa.

Ia menuturkan, kondisi sekolah yang terdampak banjir bandang sudah menunjukan perkembangan yang cukup baik, meskipun masih ada kekurangan di beberapa sektor.

Namun, Muhadjir berjanji akan terus berupaya memperbaiki kekurangan tersebut agar sekolah yang terdampak banjir di Garut dapat kembali normal.

"Memang masih banyak kekurangan sana-sini, ya nanti kita perbaiki sama-sama," katanya.

Mendikbud dalam kunjungannya ke Garut mendatangi langsung perkembangan pembangunan tiga sekolah yang terdampak banjir bandang satu tahun lalu.

Ia menyampaikan, akibat banjir tersebut banyak sarana dan prasarana sekolah rusak sehingga perlu adanya upaya untuk memperbaikinya.

"Saya ini mengecek bantuan-bantuan ke sekolah yang sudah terealisasi," katanya.

Ia menambahkan, berbagai bantuan sekolah telah dikoordinir oleh Kemendikbud juga berbagai pihak lainnya untuk disalurkan kepada sekolah yang rusak akibat bencana.

"Saya kira sudah banyak lembaga yang melakukan bantuan ke sini," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017