Semarang (ANTARA News) - Masyarakat Provinsi Jawa Tengah diajak menjadi pelopor penghijauan di sekitar tempat tinggal masing-masing sebagai wujud nyata mencintai lingkungan.

"Kepada seluruh masyarakat yang hadir pada kesempatan ini, saya mengajak untuk bisa menjadi pelopor dalam penanaman pohon dan memeliharanya," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di Semarang, Senin.

Hal tersebut disampaikan Wagub pada apel penanaman pohon yang merupakan bentuk kegiatan bakti sosial penghijauan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2017 yang dilakukan di Lapangan Tembak Kodam IV/Diponegoro, Tembalang, Semarang.

Wagub menjelaskan bahwa kegiatan penghijauan ini merupakan bagian dari gerakan menanam "Sak Uwong, Selawe Uwit" dengan target minimal jumlah yang perlu ditanam selama hidup yaitu 25 pohon pada aksi penanaman dilakukan melalui berbagai acara dan dimanapun berada.

Menurut Wagub, banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk aksi menanam pohon secara bersama, baik saat hari ulang tahun, upacara wisuda, pernikahan, melahirkan, talak atau cerai, mengikuti pendidikan dan latihan, seminar, promosi, serta serah terima jabatan.

Penanaman pohon, kata dia, bisa dilakukan di lahan kritis maupun produktif dan lahan kosong sehingga menjadi kawasan hijau dan bermanfaat bagi semua pihak.

Wagub berharap melalui aksi penanaman pohon pada berbagai kegiatan akan semakin banyak pohon yang ditanam dan membawa keuntungan bagi masyarakat atau setidaknya dapat mencegah bencana banjir serta tanah longsor, penyerapan air di dalam tanah, bertambahnya oksigen.

Sebelum gerakan menanam "Sak Uwong, Selawe Uwit", Pemprov Jateng telah meluncurkan program "Sak Uwong, Sak Uwit" yang pada pelaksanaannya juga melibatkan masyarakat, anggota Korpri, dan TNI-Polri.

(U.KR-WSN/I007)

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017