Kota Gaza (ANTARA News) - Faksi-faksi rival Palestina mencapai kesepakatan bersama untuk meminta Mesir menunda serah terima kendali Gaza dari Hamas ke Fatah sebagai bagian dari kesepakatan rekonsiliasi.

"Hamas dan Fatah meminta Mesir untuk menunda pengalihan peran pemerintah dari 1 Desember menjadi 10 Desember untuk membereskan pengaturan guna memastikan penyelesaian langka-langkah rekonsiliasi nasional" menurut pernyataan Hamas, penguasa Jalur Gaza.

Seorang pejabat Fatah mengonfirmasi pernyataan Hamas tersebut dalam sebuah pernyataan menyusul pertemuan gabungan di Kota Gaza.

Keputusan tersebut muncul setelah sejumlah pihak saling tuduh mengenai kegagalan menghormati kesepakatan yang akan membuat Hamas menyerahkan seluruh tugas pemerintahan di daerah kantong tersebut kepada pihak berwenang Palestina yang didominasi Fatah.

Serah terima kekuasan tersebut akan mengakhiri kekuasaan sedekade rezim gerakan Hamas di wilayah pesisir itu.

Masih ada perbedaan pendapat antara Presiden Palestina Mahmoud Abbas dari Fatah, yang berbasis di wilayah pendudukan Tepi Barat, dan Hamas, utamanya mengenai nasib pegawai pemerintah di Gaza dan kontrol keamanan di daerah kantung itu menurut siaran kantor berita AFP. (hs)

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017