Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, memastikan tidak ada satu pun kasus difteri yang ditemukan di daerah setempat selama kurun waktu dua tahun terakhir.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Aceh Barat, Dr Syuhada, di Meulaboh, Kamis, mengatakan, meskipun capaian cakupan imunisasi di daerah setempat terbilang sangat rendah.

"Pernah dilaporkan surat kabar tahun lalu di Aceh Barat ada empat kasus, cuma masih dalam tahap dicurigai, hasil laboratorium negatif. Alhamdulillah sampai saat ini belum ada satu kasus difteri pun di sini, masyarakat jangan panik,"katanya.

Syuhada, menyampaikan cakupan imunisasi Aceh Barat masih berkisar 60 - 70 persen, pihaknya menargetkan akan mampu tercapai 90 persen dengan melakukan upaya memberi pemahaman kepada masyarakat yang awam akan pentingnya imunisasi.

Ia menyatakan, walaupun belum ada kasus itu, namun difteri merupakan salah satu penyakit menular yang perlu diwaspadai masyarakat, salah satu cara pencegahan adalah dengan melakukan imunisasi lengkap kepada anak di bawah satu tahun.

Pewarta: Anwar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018