Dalam prosesi jalan salib ini ada 14 perhentian atau peristiwa. Dan setiap perhentian dilakukan di rumah umat, ini dilaksanakan secara bersamaan di setiap Stasi dan Paroki."
Minahasa Tenggara (ANTARA News) - Umat Katolik di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan prosesi jalan salib, dalam peringatan Jumat Agung.

"Ini merupakan ibadah sekaligus prosesi yang dilaksanakan oleh umat Katolik untuk mengenang kisah sengsara Yesus Kristus sebelum disalibkan," kata Pastor Paroki Santo Lukas Ratahan Leksi Nangoy, Jumat.

Dia menuturkan, pelaksanaan prosesi jalan salib tersebut selain dilaksanakan di pusat paroki juga dilaksanakan di gereja-gereja stasi yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Dia menjelaskan prosesi jalan salib tersebut dilaksanakan dengan mengunjungi tiap-tiap rumah umat yang ada di setiap Stasi.

"Dalam prosesi jalan salib ini ada 14 perhentian atau peristiwa. Dan setiap perhentian dilakukan di rumah umat, ini dilaksanakan secara bersamaan di setiap Stasi dan Paroki," ujarnya.

Setelah melaksanakan jalan salib, kata Leksi seluruh umat Katolik melaksanakan Misa Jumat Agung pada 15.00 WITA.

"Selanjutnya pada pukul tiga sore di seluruh gereja Katolik di Minahasa Tenggara mengadakan Misa Jumat Agung, untuk memperingati kisah sengsara Yesus," tandasnya.

Pewarta: Arthur Ignasius Karinda
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018