Padang (ANTARA News) - Peresmian operasional Kereta Api (KA) Bandara di Sumatera Barat batal dilangsungkan Sabtu ini dan kemungkinan akan diundur hingga Juni demi menyesuaikan peresmian operasional Kereta Cepat Ringan (LRT) Palembang, Sumatera Selatan.

"Rencananya peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sekalian dengan LRT di Palembang," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran di Padang, Sabtu.

Menurutnya peresmian operasional KA bandara itu merupakan kewenangan kementerian, karena itu pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pusat tentang jadwal pelaksanaannya.

"Informasinya unit LRT di Palembang juga sudah sampai dan tinggal uji coba. Kemungkinan setelah itu diresmikan bersamaan dengan KA bandara di Sumbar," kata dia.

Peresmian itu direncanakan di Stasiun Bandara sekaligus pengecekan rel hingga stasiun Simpang Haru.

Baca juga: Uji coba KA Bandara Sumbar dilanjutkan setelah sempat menyangkut peron

Baca juga: Minangkabau Ekspres dipilih jadi nama KA Bandara Sumbar

Baca juga: Menhub minta pengoperasian LRT Palembang dipercepat


Sementara itu humas PT KAI Divre Sumbar, Zainir menyebutkan uji coba KA bandara Minangkabau Ekspress telah cukup memadai dan tidak ada lagi kendala berarti.

"KA siap beroperasi," katanya.

Sementara itu unit LRT Palembang sudah sampai di provinsi itu dan diserahkan langsung oleh Menhub Budi kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Jumat (20/4).

LRT akan segera melakukan uji coba dan ditergetkan semua selesai awal Juni 2018.

Jika peresmian KA bandara di Sumbar disesuaikan dengab LRT Palembang, kemungkinan peresmian operasional ditunda hingga Juni 2018.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018