Menteri Yohana deklarasikan sekolah ramah anak di Tangsel

id yohana yembise,sekolah ramah anak,tangerang selatan

Menteri Yohana deklarasikan sekolah ramah anak di Tangsel

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Tangerang Selatan (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, mendeklarasikan sekolah ramah anak di Sekolah Dasar (SD) Swasta Bethesda Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Jumat (25/5).

"Deklarasi ini sebagai upaya pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Negara Layak Anak di tahun 2030. Secara bertahap, deklarasi terus dilakukan," kata Yohana di Tangerang Selatan.

Kasus kekerasan di Indonesia, menurut dia, cukuplah besar sehingga perlu penanganan serius agar Indonesia bisa menanamkan perdamaian dalam jiwa masyarakatnya.

"Kita mulai dari lingkungan sekolah. Sebab dengan deklarasi ini, anak-anak akan mudah menerima informasi bahwa kekerasan tidak dibenarkan oleh apapun," demikian Yohana Yambise.

Baca juga: Sekolah harus ramah anak

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Anak pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Irma Safitri mengatakan bahwa saat ini ada 14 sekolah di Kota Tangsel yang turut berdeklarasi sekolah ramah untuk anak.

"Bersama Ibu Menteri, hal tersebut sudah kita lakukan sehingga nantinya tinggal bagaimana jumlah sekolah yang akan berdeklarasi lebih banyak dibanding hari ini," kata Irma.

Senada dengan Irma, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Tangerang Selatan Khairati mengatakan bahwa berbagai upaya untuk mewujudkan Tangsel sebagai kota layak anak terus dilakukan. Salah satunya dengan memastikan bahwa tempat belajar anak sudab memenuhi standar tempat ramah anak.

"Semoga dengan deklarasi ini, fasilitas sekolah bisa dilengkapi supaya bisa masuk ke dalam salah satu sekolah yang mampu memberikan kenyamanan kepada anak," katanya menambahkan.

Pewarta : Ganet Dirgantara
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar