Jakarta (ANTARA News) - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berinisiatif memberikan diskon tarif tol guna mendistribusikan lalu lintas arus mudik sehingga tidak terkonsentrasi pada puncak arus yang diperkirakan pada 8-9 Juni 2018.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Tol Indonesia, Sunarto Sastrowiyoto, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan diskon tarif tol pada persiapan Lebaran 2018 ini diharapkan bisa membantu kelancaran arus mudik.

"Kami bersepakat untuk memberikan diskon kepada para pemakai jalan, yang dimaksudkan untuk pendistribusian `traffic` supaya lebih baik," kata Sunarto pada pengumuman diskon tarif tol di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Kamis.

Sunarto yang juga Direktur Operasi PT Astra Infra Toll Road, tersebut memaparkan diskon terbagi menjadi beberapa waktu berbeda dan ruas tol berbeda.

Pertama, diskon sebesar 10 persen akan diberikan pada 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018 di ruas jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga, PT Hutama Karya, PT Nusantara Infrastruktur, PT Waskita Toll Road, PT Cipta Marga Nusaphala Persada, PT Jakarta Lingkar Barat Satu dan PT Margabumi Matraraya.

Ruas-ruas tol PT Jasamarga yang diberlakukan diskon antara lain ruas Cawang-Tomang-Pluit, Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Sementara itu, ruas milik PT Hutama Karya yakni Akses Tanjung Priok, Bakauheuni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai.

Ruas tol PT Nusantara Infrastruktur yakni Makassar Seksi IV, Ujung Pandang Tahap I dan II. Ruas tol PT Waskita Toll Road yakni Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang.

Ruas tol PT Cipta Marga Nusaphala Persada yakni Cawang-Tj. Priuk dan Soreang-Pasir Koja. Ruas tol PT Jakarta Lingkar Barat Satu yakni JORR W1 (Kebun Jeruk-Ulu Jami) dan Surabaya-Gresik milik PT. Margabumi Matraraya.

Sunarto menambahkan program kedua, diskon sebesar 10 persen akan diberlakukan pada tol yang dikelola oleh Astra Infra Toll Road, yakni jalur Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono selama tiga hari yakni pada 15-17 Juni 2018.

Diskon terbesar diberikan PT Waskita Toll Road pada ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sebesar 28 persen pada 8-23 Juni 2018.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, mengapresiasi langkah BUJT yang telah secara sukarela memberikan diskon tarif tol pada Lebaran 2018.

"Kita harapkan lalu lintas terdistribusi. Kalau menumpuk pada satu titik waktu, kapasitas jalan yang ada terbatas, kapasitas rest area juga terbatas," kata Arie.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018