Beijing (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mengajak awak media setempat turut menikmati sajian kuliner khas Nusantara di salah satu hotel berbintang di Beijing, Selasa.

"Silakan menikmati masakan khas Indonesia. Kebetulan kami datangkan langsung `chef` (juru masak) dari Indonesia," katanya.

Bagi Dubes pertemuan dengan awak media China tersebut merupakan yang pertama kalinya sejak mulai bertugas sebagai Dubes China merangkap Tiongkok yang berkedudukan di Beijing pada pertengahan April 2018.

Beberapa awak media yang hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya dari Global Times, Huanqiu, China Daily, People`s Daily, South China Morning Post, Escn, China Radio International, dan Phoenix Television.

Pimpinan All China Journalists Association yang mewadahi para wartawan setempat juga hadir dalam pertemuan dengan Dubes Djauhari tersebut.

Di depan awak media, dia menyampaikan beberapa poin penting pertemuan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Li Keqiang di Indonesia pada bulan Mei lalu.

"Kami juga berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama bilateral dengan China di bidang perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan, dan pertukaran antarmedia," ujar mantan Dubes RI untuk Rusia tersebut.

Pertemuan Dubes dengan awak media China itu bersamaan dengan digelarnya festival kuliner Nusantara di Hotel Ritz Carlton Beijing pada 1-10 Juni 2018.

Festival bertemakan "From Bali to Beijing Fulfill All Your Senses" tersebut bertujuan untuk menarik minat warga China mengunjungi beberapa objek wisata di Indonesia, terutama Pulau Dewata.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018