Isi liburan Lebaran dengan lomba "geulayang tunang" di Aceh Barat

id layang-layang,geulayang tunang,libur lebaran

Isi liburan Lebaran dengan lomba

Arsip. Warga main layangan sambil menunggu waktu berbuka puasa di Pantai Teluk Palu, Sulawesi Tengah, Senin (28/5/2018). Pantai Teluk Palu yang terletak di jantung Kota Palu dan menjadi salah satu ikon wisata di Palu itu ramai dikunjungi warga untuk bersantai dan di bulan Ramadan ini banyak warga yang menghabiskan waktu untuk menunggu saat buka puasa. (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Masyarakat di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengikuti perlombaan layang-layang atau "Geulayang Tunang" untuk mengisi libur Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 Masehi.

Kegiatan tersebut diprakarsai dan dilaksanakan oleh jajaran TNI dari Koramil 01/ Sungai Mas (SM), Kodim 0105/ Aceh Barat, pada Minggu, siang, dengan peserta masyarakat di wilayah setempat dengan latar belakang berbagai usia di lapangan terbuka.

Danramil 01/ SM Kapten Inf M Mazwar Asadi, dalam arahannya pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan layang tunang sudah menjadi permainan rakyat di Aceh, sesuai literatur sejarah pernah ditemukan pada masa kerajaan Sultan Iskandar Muda.

"Sehingga kita akan menjaga permainan geulayang tunang ini sebagai adat istiadat yang sudah ada sejak zaman leluhur kita. Aceh memiliki tradisi perlombaan layang - layang, hampir disetiap tempat, khususnya Aceh Barat," katanya.

Sementara itu Babinsa 01/SM, Serma Brahmana mengatakan, kegiatan tersebut untuk menghibur masyarakat Kecamatan Sungai Mas, selain juga untuk mengisi kegiatan di suasana lebaran masyarakat yang bersilaturahmi.

"Kami membuat kegiatan ini untuk menghibur masyarakat pada hari Raya Idul Fitri tahun ini, biar suasana semakin meriah, walau Kecamatan Sungai Mas terletak di wilayah ujung Kabupaten Aceh Barat," katanya dalam pesan tertulis diterima Antara.

Masyarakat di wilayah hukum setempat sangat mendukung kegiatan tersebut, terutama aparatur desa dan para tokoh masyarakat gampong, ditandai dengan banyaknya peserta dan penonton yang menyaksikan permainan rakyat tersebut.

Terutama masyarakat Desa/ Gampong Sarah Peurlak, Kecamatan Sungai, ikut membantu dalam mempersiapkan dan menjadi peserta dalam menyukseskan lomba geulayang tunang yang di selenggarakan oleh pihak Koramil 01/SM setempat.

"Kegiatan ini dilakukan disamping untuk hiburan rakyat sekaligus untuk menjalin silaturahmi dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya Koramil 01/SM dengan masyarakat binaan," demikian Serma Brahmana.

Pewarta : Anwar
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar