Gunung Kidul (ANTARA News) - Sebanyak 181.016 wisatawan mengunjungi objek wisata beretribusi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Lebaran 2018 dari Sabtu (16/6) hingga Senin (18/6).

"Selama tiga hari, kami mencatat 181.016 wisatawan yang mengunjungi Gunung Kidul. Untuk hari ini belum masuk, namun kami perkirakan sekitar 50-an ribu pengunjung," kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan dari 18.016 pengunjung, sebanyai 80 persennya mengunjungi pantai. Dispar optimistis target sebanyak 300.000 wisatawan dapat tercapai saat libur Lebaran pada tahun ini, jika tercapai maka pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp2,6 miliar.

"Kami optimistis bisa tercapai target yang ditetapkan," katanya.

Dia menjelaskan puncak kunjungan wisata diperkirakan sudah terjadi yakni pada Senin (18/6). Kunjungan ke kawasan pantai sekitar 71 ribu orang selama sehari. Pengunjung objek wisata Gunung Kidul masih didominasi dari Jawa Tengah seperti Solo, Karanganyar, Kebumen, Brebes. Sebagian besar mengunjungi kawasan pantai.

"Kemarin puncaknya, karena terakhir sebelum pulang ke Ibu Kota," katannya.

Hary mengatakan kawasan destinasi lain seperti Kalisuci di Kecamatan Semanu, meski libur panjang tidak terpengaruh. Sebab, pengunjung setiap harinya dibatasi oleh pengelola.

"Untuk Kalisuci sepertinya dibatasi setiap hari 250 pengunjung," katanya.

Dinas Pariwisata juga telah melakukan sejumlah upaya terhadap destinasi wisata yang ada. Mulai dari penambahan personel penjaga tempat pemungutan retribusi hingga petugas kebersihan.

"Kami mengimbau para pedagang yang ada di kawasan wisata untuk tidak memanfaatkan situasi dengan mematok harga tinggi kepada pembeli," katanya.

Baca juga: Puluhan ribu wisatawan padati wisata Gunung Kidul

Baca juga: Pemkab Gunung Kidul perbaiki sistem transportasi kota, wisata

 

Pewarta: Sutarmi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018